Penemuan atau sejarah singkat pulpen di dunia 

souvenir promosi | barang promosi | souvenir kantor | souvenir perusahaan | merchandise promosi | grosir souvenir promosi | tumbler promosi | goody bag spundbond | flash disk promosi | souvenir mug | pulpen promosi | tas promosi | hand bag promosi | clucth bag

Penemuan atau sejarah singkat pulpen di dunia 

February 6, 2020 Blog 0

Penemuan atau sejarah singkat pulpen atau pena di dunia 

Pulpen atau pena atau ballpoint berawal dari kata vulve berasal dari bahasa belanda yang berarti alat tulis. Berupa mata pena yang berujung tajam dan di lengkapi dengan pegangan berisi tinta yang akan bisa diisi kembali. Tinta air diisi kembali melalui mata pena dengan mekanisme penyedot yang dimasukkan tinta melalui botol tinta ke dalam tempat tinta.

Berbeda dengan bolpen, pulpen sama sekali tidak perlu di tekan saat menulis. Tinta mengalir dari tempat tinta ke mata pena dengan bantuan kapilaritas dan gravitasi.

Pada awalnya pulpen/pena/ballpoint bentuknya dilengkapi dengan tempat tinta berasal dari abad ke-10 M. pada 953, khalifah Ma’ad al-Mu’izz dari mesir menginginkan pena yang tidak akan mengotori tangan maupun bajunya dengan tinta. Beliau memberi pena yang dilengkapi dengan penyimpanan tinta yang aman, dan tintanya dapat mengalir ke mata pena dengan bantuan kapilaritas dan gravitasi.

Tahun 1696 seorang dari kebangsaan jerman yang bernama Daniel Schwenter berhasil dengan membuat pena dengan ujung bulu dan pada tanggal 25 Mei 1827, penemuan yang berkebangsaan Rumania, petrache poenaru menerima hak paten di perancis atas hak ciptanya yang berupa pulpen pertamanya dengan kartrij yang bisa diganti. Desai pulpen mempunyai kemungkinan seseorang untuk menulis dengan lancer tanpa tinta yang bercucuran atau kertas akan sobek. Sejak tahun 1850an, beberapa hak paten yang berkaitan dengan pulpen diajukan dan produksi pulpen terus berkembang dengan pesat. Walaupun demikian, pulpen baru menjadi alat tulis yang sangat popular setelah ditemukannya mata pena dari emas yang berujung iridium, karet keras, dan tinta yang mengalir lancer.

Penemuan atau sejarah singkat pulpen atau pena di dunia 

Pada tahun 1880 s/d 1920an pulpen dengan merk waterman, produksi dari Amerika Serikat merajai penjualan pulpen dan wirt asal Bloomsbrug, pennylvania yang berada di urutan kedua. Pada saat itu, sebagian besar dari pulpen diisi dengan membuka bagaian pembuka tinta. Kemudian meneteskan tinta ke dalam tempay tinta dengan menggunakan penates mata (pipet). Dengan cara pengisian tinta seperti itu sangat sulit dan tidak rapi, selain itu, tinta akan bocor dibagian tutup atau kebagian sambungan dengan tempat tinta, sesudah bahan yang susuai untuk membuat pulpen telah ditemukan, masalah yang terjadi adalah bagian system pengisian tinta yang sangat sederhana, mudah, dan antibocor.

Pasa awal abad ke-20 pulpen pada saat itu ditemukan dengan tempat tinta yang tanpa harus dibuka bagian tempat pengisian tintanya. Penemuan tersebut berkat A. A. Waterman, walter a. Sheaffer, dan parker
Di Eropa, pemasok yang berasal dari jerman yang dikenal dengan nama pelikan, pada tahun 1929 mereka memperkenalkan pulpen pertama kalinya.pelikan sebelumnya membeli paten untuk pulpek dengan menggunakan tinta padat dari pabrik. Slavoljub penkala di krosia ( dipatenkan pada tahun 1907 dan diproduksi mulai massal sejak 1911). Hak paten mengisi tinta asal Hongaria disebut dengan model piston dari Theodor kavocs.

Pulpen mulai produksi dalam aneka bentuk warna dan model setelah seluloida secara berangsur-angsur menggatikan bahan karet sebagai bahan pemegang pulpen. Doufold dan Vacumatic dari Parker, serta pelikan 100 adalah model-model pulpen yang terpopuler pada masa perang Dunia I dan perang Dunia II

Penemuan atau sejarah singkat pulpen atau pena di dunia 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button