Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

4 Jenis Pulpen Yang Cocok Untuk Souvenir Kantor

4 Jenis Pulpen Yang Cocok Untuk Souvenir Kantor

Sejarah singkat munculnya pulpen

Ternyata pulpen muncul pada tahun 1938 yang dikembangkan oleh jurnalis asal Hungaria bernama Laszlo Biro. Awalnya ia merasa tinta yang digunakan dalam percetakan koran cepat kering, tumpah, dan bisa merobek kertas kalau bulu penanya terlalu tajam. Lalu, Biro mencari-cari cara untuk mengatasi masalah ini.

Untungnya, ia punya saudara lelaki yang seorang kimiawan bernama George. Mereka berdua mengembangkan ujung pena berupa bola kecil. Bola ini akan berputar dan mengambil tinta yang mengalir di bagian dalamnya. Karena bola inilah muncul kata ballpoint pen yang kita kenal dengan bolpoin atau pulpen. Rancangan ini dipatenkan pada 10 Juni 1943 di Argentina. Merek pertama dari temuan ini adalah merek Birome yang sampai sekarang masih dijual lho!

Pulpen jadi populer banget di masyarakat. Orang-orang jadi nggak perlu repot-repot pake pena bulu dan tinta secara terpisah. Jenis pulpen juga banyak banget sekarang. Bahkan ada lho jenis pulpen antariksa. Tapi pulpen antariksa ini secara “nggak sengaja” booming karena digunakan untuk menyelamatkan para astronot pada misi pendaratan manusia pertama di bulan.

Jenis pulpen yang cocok buat siapa aja

Jenis pulpen emang banyak banget di dunia ini. Bayangkan, di satu toko aja jenisnya udah banyak banget apalagi sedunia. Nah, pulpen-pulpen ini punya beragam jenisnya. Ada 3 jenis pulpen yang cocok buat semua kalangan nih.

  • Ballpoint

Jenis ballpoint paling banyak dipakai sama siapa aja sampai kita jadi mengenalnya sebagai nama lain dari pulpen. Bolpoin ini cocok digunakan untuk menulis, menggambar, dan lain-lain. Nggak heran kenapa bolpoin ini paling cocok digunakan oleh siapa aja. Di Indonesia, bolpoin ini memiliki tinta tebal yang tersimpan dalam sebuah pipa kecil dan bola besi sebagai tempat keluarnya tinta. Keuntungan dari jenis bolpoin ini adalah kita bisa menulis dengan halus. Tapi, bolpoin ini b isa kering dan bocor kalau nggak kita rawat. Bisa-bisa kertas jadi kotor karena tinta dari bolpoin ini.

  • Rollerball

Jenis pulpen yang satu ini punya warna yang bermacam-macam. Kalau Mercholic sering menggunakan tinta biru, merah, atau warna lainnya bisa jadi jenis pulpennya adalah rollerball. Pulpen rollerball memiliki tinta bercampur air (water-based ink) dengan bola yang lebih kecil daripada jenis ballpoint. Pulpen ini cocok buat Mercholic yang nggak pengen ngeluarin tenaga terlalu besar buat nulis. Sebab, pulpen rollerball ini ringan untuk digunakan. Tapi, tulisan yang kita buat bisa jadi nembus di belakang kertasnya karena terlalu cair.

  • Pen

Jenis pen ini punya keunikan dari jenis lainnya yaitu tinta yang bisa diisi ulang ketika habis. Isi ulang jenis pen ini menggunakan pipetkhusus sesuai ukuran garis tulisan yang Mercholic pengen. Tapi, karena kecanggihan ini justru membuat jenis pen paling mahal diantara jenis pulpen lain. Pen ini biasa digunakan untuk keperluan penting seperti tanda tangan kontrak, pertemuan resmi, dan sejenisnya.

  • Gel ink pens

Jenis pulpen ini memiliki tinta yang terbuat dari gel. Gel ini membuat tinta mengering lebih lama dari jenis pulpen lain. Oleh sebab itu, jenis pulpen gel ink nggak cocok kalau dibuat untuk aktivitas yang terlalu banyak nulisnya. Biasanya jenis pulpen gel ink cocok untuk penulisan seni seperti typography atau kaligrafi. Jenis pulpen gel ink cocok buat Mercholic yang suka berkreasi dengan tulisan.

Mercholic nggak perlu bingung buat nyari pulpen ke mana. Kalau urusan pulpen yang cocok buat siapa aja, merchandiso.com punya banyak pilihannya. Mercholic bisa pilih pulpen yang paling cocok buat kebutuhan. Segera kunjungi website merchandiso.com buat tau pulpen cocok buat Mercholic ya!