Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

5 Jenis Payung yang Wajib Kalian Ketahui

 5 Jenis Payung yang Wajib Kalian Ketahui

Musim hujan sudah dimulai di beberapa daerah di Indonesia. Sesuai dengan kata pepatah, sedia payung sebelum hujan. Walau pepatah tersebut bermakna mempersiapkan diri sebelum melakukan sesuatu, yang pasti payung memang wajib dibawa kemana-mana saat musim hujan. Benda satu ini memang sering digunakan masyarakat karena dapat melindungi diri ketika hendak menerobos hujan. Bahkan di beberapa tempat, terdapat istilah “ojek payung” yang berarti menyewa jasa seseorang untuk memberikan tumpangan payung menuju tempat tertentu dengan harga yang telah disepakati. Biasanya para pelaku usaha ojek payung ini bisa ditemukan di depan pusat perbelanjaan atau di kawasan perkantoran. Mereka tahu banyak orang membutuhkan jasa ojek payung agar dapat menghampiri kendaraan tanpa harus terguyur hujan.

Berbicara soal payung, pasti kalian pernah melihat payung dengan berbagai macam warna dan ukuran. Mulai dari yang berwarna terang hingga transparan, dari yang berukuran super besar hingga super kecil, semua tampak membaur jika hujan sudah turun. Nah, kalian sudah tahu belum jenis payung apa yang kalian lihat itu? Atau bahkan kalian tidak tahu jenis payung kalian sendiri? Yuk, simak artikel ini agar kalian semakin tahu jenis-jenis payung.

·         Payung klasik

Jenis payung satu ini pasti sudah sering kalian temui di kehidupan sehari-hari, Biasanya payung ini hadir dalam ukuran yang cukup besar dengan gagang yang melengkung. Jika digunakan, jenis payung ini dapat menaungi dua orang dewasa walau mungkin bahu kalian akan sedikit basah. Kekurangan dari payung satu ini adalah tidak praktis untuk dibawa kemana-mana. Bentuknya yang panjang walau sudah dalam kondisi tertutup akan cukup menyulitkan untuk disimpan.

Jenis payung ini biasanya digunakan sebagai souvenir atau cindera mata bagi karyawan atau mitra kerja suatu instansi. Tetapi, tak jarang pula digunakan sebagai hadiah atau doorprize pada saat ada acara tertentu, lho! Makanya tak heran payung ini sering dijumpai di rumah-rumah masyarakat Indonesia. Coba cek dulu di rumah kalian, apakah ada jenis payung satu ini?

·         Payung lipat

Jenis payung kedua yang sudah pasti sering kalian temui adalah payung lipat. Berbeda dengan payung klasik, payung lipat memiliki bentuk yang lebih kecil setelah ditutup. Gagangnya dapat dipendekkan dengan cara didorong ke dalam payung ketika dilipat. Ketika ingin digunakan, gagang dari jenis payung satu ini cukup ditarik kembali dan kalian sudah mendapatkan bentuk payung seperti sedia kala. Untuk menyesuaikan fungsi tersebut, gagang payung lipat biasanya tidak dibentuk melengkung. Ujung gagang biasanya diberi tambahan seperti mangkuk kecil yang berfungsi sebagai wadah ujung jeruji payung saat dilipat.

Dengan bentuk yang lebih kecil, payung lipat lebih mudah untuk dibawa kemana saja. Kalian bisa memasukkannya ke dalam tas yang kalian bawa sehingga tidak perlu repot-repot untuk menentengnya sepanjang hari. Namun, kelemahan jenis payung ini adalah mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik. Kemudahannya untuk disimpan di dalam tas membuatnya rawan untuk tertindih oleh barang lain. Hal ini akan berdampak buruk pada jeruji payung seperti patah atau bengkok ke arah yang salah.

·         Payung transparan

Jenis payung satu ini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Payung transparan merupakan generasi berikutnya dari payung plastik biasa yang berwarna putih susu. Payung plastik pertama kali diproduksi di Jepang pada tahun 1950-an, sementara payung transparan baru diproduksi beberapa tahun setelah itu. Jenis payung ini memiliki harga yang sangat murah di negara asalnya. Jika dibandingkan, harga dan ketersediaan payung transparan mirip dengan jas hujan plastik transparan di Indonesia yang tersedia di berbagai minimarket.

Selain harganya yang murah, jenis payung satu ini memiliki keunikan tersendiri daripada jenis payung yang lain. Desainnya yang transparan memudahkan kita untuk melihat situasi jalanan di depan kita tanpa harus mengangkat payung terlalu tinggi. Selain itu, karena desainnya hanya berupa plastik transparan, kalian tidak perlu merasa bersalah jika payung kalian tertukar dengan milik orang lain. Toh, desainnya sama saja, bukan?

·         Payung doorman

Payung ini mungkin tidak terlalu familier di telinga masyarakat Indonesia. Jenis payung ini biasanya digunakan oleh penjaga pintu hotel di negara-negara barat untuk membantu para tamu memasuki lobi hotel pada saat hujan tiba. Ukuran payung doorman cenderung sangat besar agar tamu dan penjaga pintu hotel dapat ternaungi dengan baik di dalamnya. Jenis payung ini mungkin tak berbeda jauh dengan jenis payung klasik, hanya saja ukurannya sedikit lebih besar dan cenderung menggunakan warna yang sama, yaitu warna hitam.

Bagi kalian yang ingin menggunakan jenis payung satu ini, latihlah terlebih dahulu otot lengan kalian, ya. Dengan ukurannya yang besar tentu membutuhkan otot yang lebih kuat pula untuk membawanya. Apalagi jika harus menghadapi hujan angin, bisa-bisa kalian malah terbang terbawa angin jika tidak kuat membawa jenis payung ini.

·         Payung anti sinar UV

Kalau beberapa payung sebelumnya digunakan pada saat hujan, maka payung satu ini digunakan ketika cuaca sedang terik. Jenis payung ini cocok banget buat kalian yang tidak mau kulit menjadi gelap karena terlalu lama terpapar sinar UV, apalagi jika kalian termasuk orang-orang yang harus sering berada di luar ruangan. Dengan klaim memiliki bahan anti sinar UV yang dapat menyerap sinar UV sebelum sampai di kulit kita.

Biasanya, jenis payung satu ini memiliki lapisan dalam berwarna hitam. Walaupun begitu, kita masih bisa memilih lapisan luar dengan berbagai macam motif dan warna. Jadi, tidak perlu takut akan mati gaya jika menggunakan payung satu ini. Selain itu, pilihlah bahan pelapis yang cukup tebal agar proteksi yang ditawarkan semakin maksimal. Untuk masalah ukuran, jenis payung ini memiliki berbagai macam ukuran dan bentuk. Mau yang seperti payung klasik maupun yang bisa dilipat, kalian bisa bebas memilih sesuai keinginan!

Itu tadi 5 jenis payung yang wajib kalian ketahui. Apakah kalian memiliki kelima jenis payung tersebut? Atau kalian berencana untuk menambah koleksi payung kalian? Mau membeli payung tapi tidak ada motif dan warna yang cocok? Jika tidak menemukan yang cocok untuk dibeli, buat saja payungmu sendiri! Di zaman sekarang, kalian bisa banget membuat payung sesuai dengan keinginan.

Atau mungkin kalian adalah pemilik suatu usaha yang ingin mempromosikan merek dagang kalian? Kenapa tidak mencoba mempromosikannya melalui payung? Mumpung masih musim hujan, nih, pasti orang-orang akan sering melihat merek dagangmu ketika payung tersebut digunakan. Eits, tetapi jangan asal buat payung di sembarang tempat. Nanti kena air sedikit sudah luntur. Percayakan saja pembuatan payung kalian pada Merchandiso. Dijamin puas dengan hasilnya, deh! Karena Merchandiso sudah berpengalaman membantu banyak orang untuk membuatkan souvenir perusahaan mereka. Penasaran? Yuk, langsung intip website-nya!

Tags: