Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

Kenali Ciri-ciri Mug yang Keren

Kenali Ciri-ciri Mug yang Keren

Mercholic pasti pada punya mug di rumah. Entah mug yang gede, kecil, lucu, keren, mug jadi barang yang hampir pasti dimiliki semua orang. Mug penting banget sebagai wadah untuk minum. Punya mug berasa punya barang pribadi yang nemenin kita beraktivitas sehari-hari terutama pas lagi di rumah. Waktu lagi ngeteh atau ngopi, pernah nggak sih Mercholic kepo dengan sejarah mug? Gimana ceritanya mug bisa muncul ya?

Sejarah munculnya mug

Mug punya kata lain yakni “mok” yang mungkin asing di beberapa telinga Mercholic. Mug pertama kali dibuat dengan tanah liat pada 6500 hingga 3000 SM. Sejak zaman dulu, mug ini biasa didekorasi supaya lebih menarik untuk dipakai. Seiring berjalannya waktu, masyarakat merasa mug tanah liat ini nggak cocok buat mulut kita karena permukaannya yang tebal. Sejak saat itu, mug mulai dibuat dengan logam sekitar pada 2000 SM.

Nggak cukup sampai disitu, ternyata mug logam juga punya kekurangannya. Sifatnya yang mudah menghantar panas membuat mug logam nggak bisa dipake untuk minuman panas. Lalu, mug kayu mulai populer lagi digunakan meskipun muncul lebih dulu daripada mug tanah liat. Tapi karena sifatnya yang mudah lapuk, pembuatan mug kembali mengalami perkembangan hingga muncul porselen sekitar 600 M. Sejak saat itu, mug dikembangkan dengan bahan porselen yang cocok buat minuman dingin atau minuman panas.

Sampai saat ini, mug punya berbagai macam jenisnya. Nggak bakal cukup buat bahas jenis-jenis mug di seluruh dunia. Umumnya, ada 4 jenis mug yang cukup populer di masyarakat Indonesia.

Jenis-jenis mug

  • Mug custom

Mug custom ini adalah jenis mug yang bisa didesain sesuka hati kita. Biasanya orang-orang menggunakan mug custom dengan berbagai tulisan atau gambar yang lucu. Desain ini bakal nambah semangat pas lagi minum.

  • Mug kopi lovers

Buat Mercholic yang penyuka kopi, jenis mug ini populer banget di kalangan pecinta kopi. Pas pake mug jenis ini, kita bakal terlihat keren seperti penyuka kopi banget. Biasanya orang-orang yang mendalami ilmu perkopian juga punya jenis mug ini.

  • Mug gagang warna

Mug gagang warna ini cukup populer juga di masyarakat. Selain karena warnanya yang beragam, gagang mug yang digunakan sebagai pegangan ini bisa dibuat dari berbagai macam bentuk. Ada yang bentuk hati, bentuk cincin, dan sebagainya. Biasanya jenis mug ini digunakan sebagai hadiah untuk orang yang spesial.

  • Mug bunglon

Seperti namanya, jenis mug ini bisa berubah warna. Ketika mug bunglon dalam kondisi tidak ada isinya, warna mug ini bakal terlihat gelap, pekat, dan polos. Pas Mercholic memasukkan air ke dalamnya, warnanya bakal berubah. Perubahan warna ini bisa berbeda di tiap mug. Keren banget kan?

Selain dari segi bahannya, mug juga mengalami perkembangan dari segi fungsinya. Sampai sekarang, ada beberapa fungsi dari adanya mug.

Fungsi mug

  • Media promosi

Pundi-pundi uang emang bisa didapat darimana aja termasuk mug. Jasa pembuatan mug atau desain mug sudah menjamur dimana-mana. Instansi tertentu biasanya menjadikan mug sebagai media untuk mempromosikan barang atau jasa yang ditawarkan.

  • Kado untuk seseorang

Segala barang yang ada di dunia ini rasanya emang bisa jadi kado buat seseorang. Termasuk juga mug yang populer dijadikan hadiah ulang tahun, pernikahan, atau wisuda. Mug terlihat keren dan menarik dengan desain tulisan maupun foto dari perayaan acara tertentu.

  • Tempat make up

Mug zaman now juga bisa jadi tempat naruh alat-alat make up lho. Dengan adanya mug, alat-alat makeup jadi tertata lebih rapi. Mercholic nggak perlu repot-repot ambil dari tas, alat make up udah tersedia rapi di dalam mug.

  • Tempat alat tulis

Baik di rumah atau di kantor, mug bisa jadi pilihan menarik untuk tempat alat tulis. Mug juga memudahkan kita untuk membawa alat tulis tersebut kemana-mana karena tinggal angkat gagangnya. Bahkan untuk beberapa orang, mug tempat alat tulis ini juga dipake sebagai tempat minum. Nggak apa-apa sih, asal jangan lupa dicuci ya.

  • Tempat sikat gigi

Nggak cuma alat make up dan alat tulis, mug juga bisa jadi tempat naruh sikat gigi beserta odolnya. Biasanya mug sekalian digunakan sebagai wadah air untuk kumur-kumur. Nggak apa-apa juga asal airnya jangan ditelen ya, Mercholic.

Karena fungsinya yang bermacam-macam alias multifungsi, kita perlu menjaga mug baik-baik. Jangan sampai mug ini kita sia-siakan. Sebab kehadiran mug ini sangat memudahkan aktivitas sehari-hari kita. Oleh sebab itu, pastikan Mercholic merawat mug dengan tips ini ya.

Tips merawat mug
  • Cuci mug secara berkala dengan alat yang halus
  • Taruh mug di tempat yang aman dari suhu yang panas maupun tempat yang rentan untuk jatuh
  • Pastikan mug bisa digunakan sebaik mungkin seperti sebagai hiasan atau vas jika emang nggak dipake sebagai tempat air minum
  • Segera perbaiki atau buang mug yang sudah rusak dan tidak berfungsi lagi untuk menghindari sampah di rumah

Meskipun kita udah tau jenis, fungsi, dan tips merawatnya, masih ada satu hal yang sering terlewat sebelum membeli mug. Saking nggak mau disia-siakan, kita terlalu lama mikir untuk beli mug yang keren tetapi juga sesuai kebutuhan dan keinginan. Untuk mengatasi masalah ini, Mercholic bisa mengenali ciri-ciri mug yang keren dengan cara berikut.

Ciri-ciri mug yang keren
  • Bisa digunakan sebagai bahan candaan

Contoh dari mug ini adalah mug custom yang bisa didesain dengan tulisan sesuka hati kita. Bayangkan jika mug bertuliskan “Isinya Teh Sumpah” orang-orang akan percaya jika mug tersebut isinya teh. Padahal bisa jadi isinya kopi, jus, dan sebagainya.

  • Bisa mempererat hubungan pertemanan

Dari contoh mug sebagai bahan candaan, mug bisa mempererat hubungan pertemanan kita lho. Apalagi jika kita punya mug yang kembaran sambil minum kopi bersama teman kita, rasanya mug membuat pertemanan semakin erat. Mug jadi media untuk menebar sikap positif dan bahagia diantara kita.

  • Bisa menunjukkan identitas pribadi

Mug juga bisa menunjukkan identitas pribadi kita dengan desain gambar atau nama yang terdapat di bagian luarnya. Di lingkungan keluarga, mug biasanya didesain sesuai nama anggota keluarga. Mug jenis kopi lovers juga bisa digunakan buat penanda atau identitas di komunitas kopi juga lho. Dengan fungsi sebagai penunjuk identitas ini, mug jadi terlihat keren.

  • Bisa menambah motivasi

Mug yang didesain dengan kata-kata favorit kita bisa menambah motivasi untuk beraktivitas. Kita bisa mendesain mug dengan quote yang kita suka.

Itulah beberapa penjelasan terkait mug. Mercholic nggak perlu bingung untuk cari mug yang keren. Sebab merchandiso.com menyediakan berbagai macam mug yang keren untuk dipake Mercholic sesuai keinginan dan kebutuhan. Kalau mau cari mug yang keren langsung ke merchandiso.com ya!

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Hubungi kami