Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

Cara Menjaga Flashdisk Agara tidak Mudah Hilang

Cara Menjaga Flashdisk Agara tidak Mudah Hilang

Beberapa orang pasti pernah kehilangan flashdisk. Kadang kita juga lupa naruh flashdisk dimana. Kebanyakan bentuk flashdisk kecil sehingga membuat kita kesulitan untuk mencarinya. Seringkali flashdisk terselip dan tertimpa barang lain. Lama-lama, flashdisk kita terbuang sia-sia. Pasti nggak mau kejadian kayak gini kan, Mercholic? Maka dari itu, kita harus bener-bener menjaga flashdisk agar nggak ilang-ilangan. Soalnya flashdisk itu penting banget lho, Mercholic. Emang seberapa penting sih flashdisk itu?

Kenapa flashdisk penting

1. Jadi tempat nyimpen file dengan mudah

Kehadiran flashdisk sangat membantu orang-orang terutama pekerja yang biasa menggunakan laptop. Bayangkan kalau nggak ada flashdisk, kita bakal kesusahan buat nyimpen file. Mungkin bisa diatasi dengan nyimpen file secara online tapi flashdisk bisa mindahin file tanpa perlu koneksi internet.

2. Semua data penting bisa terkumpul jadi satu di flashdisk

Kalau Mercholic punya data penting, nggak perlu ribet-ribet nyimpen di beberapa media. Satu flashdisk bisa membantu Mercholic untuk nyimpen berbagai macam data. Tapi, kita perlu hati-hati juga dengan virus yang bisa muncul dari berbagai data itu ya.

3. Bisa install aplikasi atau games kesukaan

Flashdisk nggak cuma tempat nyimpen file aja tapi juga tempat nyimpen berbagai aplikasi dan games. Mercholic bakal lebih mudah untuk mindahin games dari laptop temen. Bahkan, Mercholic bisa lho nyimpen flashdisk berisi games-games menarik yang bisa disewakan untuk di-install oleh orang lain!

4. Bentuknya yang kecil gampang dibawa kemana-mana

Sebagian besar flashdisk memiliki bentuk yang kecil. Ukurannya kira-kira maksimal sebesar jari tangan kelingking. Walaupun gampang dibawa kemana-mana, kita perlu hati-hati juga karena bentuknya yang kecil jadi susah dicari kalau ilang.

5. Ngebantu kita kalau perlu baca data lewat handphone

Sekarang banyak banget jenis flashdisk yang bisa dipasang ke handphone. Beberapa handphone juga menyediakan port USB untuk masang flashdisk. Kalau lagi perlu banget tapi nggak megang laptop, Mercholic bisa dengan mudah baca data lewat flashdisk yang dipasang di handphone. Keren nggak sih?

Setelah kita tau kenapa flashdisk itu penting, kita bisa mengenal ciri-ciri flashdisk yang beneran flashdisk. Jangan sampai mudah tertipu dengan bentuk flashdisk yang terlalu unik ya, Mercholic.

Ciri-ciri umum flashdisk

  • Punya casing

Casing biasa kita kenal dengan badannya flashdisk. Casing ini punya berbagai macamnya tetapi sebagian besar terbuat dari plastik atau logam yang tahan panas. Flashdisk emang dirancang dengan bentuk kecil agar mudah dibawa dan nggak makan tempat. Tapi dengan chasing-nya yang kecil, kita perlu hati-hati ya, Mercholic!

  • Punya kapasitas penyimpanan

Kapasitas yang ada pada flashdisk berfungsi sebagai tempat menyimpan file. Semakin besar kapasitasnya maka semakin banyak file yang bisa kita simpan di flashdisk. Tapi, kita perlu hati-hati dengan flashdisk kapasitas besar karena bisa jadi flashdisk itu palsu atau bekas orang lain.

  • Punya beragam merek

Merek seringkali jadi acuan untuk menilai flashdisk itu bagus atau nggak. Merek yang terkenal bisa lebih menjanjikan kualitas flashdisk yang bagus. Tapi, tentunya hal ini sejalan dengan harganya yang lebih mahal. Kita bisa tanya temen atau cari di internet untuk tau merek flashdisk yang terbaik.

Kalau Mercholic udah hafal banget dengan ciri-ciri flashdisk, Mercholic tinggal perlu milih flashdisk dengan kualitas terbaik. Hal ini penting agar kita merasa sayang banget sama si flashdisk sehingga nggak gampang ilang-ilangan.

Cara milih flashdisk dengan kualitas terbaik
  • Pastikan seberapa besar kapasitas yang dibutuhkan

Hal ini penting banget nih untuk menghindari flashdisk yang sia-sia. Jangan sampai kita beli flashdisk yang kapasitasnya banyak tapi nggak pernah dipake. Apalagi kalau flashdisk-nya ilang-ilangan, jadi sia-sia deh.

  • Cermati seberapa cepat flashdisk mentransferdata

Cepat atau tidaknya flashdisk dalam mentransfer data juga menentukan kualitas flashdisk. Ada beberapa flashdisk yang lemot banget pas transfer data. Kalau kayak gini bisa jadi flashdisk tersebut udah nggak asli alias bekas bahkan palsu.

  • Perhatikan konektor yang ada pada flashdisk

Setiap flashdisk juga punya jenis konektornya masing-masing. Ada yang kecil dan ada juga yang besar. Mercholic perlu mengenal jenis konektor yang ada pada flashdisk. Jangan sampe udah beli tapi nggak bisa dipasang di laptop karena konektornya kekecilan.

  • Hindari bentuk flashdisk yang terlalu besar

Kadang-kadang kita beli flashdisk dengan bentuk yang lebih besar karena menarik. Padahal bisa jadi flashdisk ini menghalangi flashdisk lain yang mau dipasang di sebelahnya.

  • Pilih warna yang mudah dikenali

Kalau memungkinkan, Mercholic bisa pilih warna yang mudah dikenali dan mudah diliat. Warna ini bakal membantu banget ketika flashdisk lagi susah dicari. Tapi, jangan terlalu sering lupa naruhnya apalagi sampe ilang.

Kalau Mercholic udah beli flashdisk dengan kualitas terbaik, pastinya juga harus telaten merawat flashdisk. Bayangkan flashdisk ini orang tersayang kita yang kalau dibiarin aja pasti dia bakal ilang-ilangan.

Cara merawat flashdisk dengan baik
  • Lakukan scan pada flashdisk secara berkala

Perpindahan data yang dilakukan di beberapa laptop bikin flashdisk rentan sama yang namanya virus. Maka dari itu, kita perlu scan flashdisk secara berkala untuk menangkal virus-virus tersebut. Jangan sampe flashdisk yang kita pakai banyak virusnya ya, Mercholic. Virus ini berbahaya banget buat data, bisa-bisa semua data kita ilang atau nggak bisa dibuka.

  • Hindari terlalu sering format flashdisk

Kadang-kadang kita melakukan format pada flashdisk untuk mengosongkan kapasitas flashdisk seperti awal memakainya. Tapi jangan sering-sering ya, Mercholic. Ternyata terlalu sering format flashdisk bikin flashdisk malah lebih cepet rusak.

  • Kasih jeda waktu ketika menggunakan flashdisk

Selain terlalu sering format, terus memasang flashdisk terus-menerus juga bikin cepet rusak lho. Kita perlu menggunakan flashdisk secara efisien. Pastikan Mercholic memasang flashdisk dan mencabutnya ketika udah nggak dipake. Kalau terus-menerus dipasang, flashdisk bakal rentan terkena error atau kerusakan di bagian dalamnya.

  • Sebisa mungkin flashdisk dipakai untuk nyimpen data aja

Meskipun nyimpen aplikasi atau games di flashdisk bisa jadi bisnis yang menggiurkan, ternyata kurang baik kalau dilakukan. Nggak cuma aplikasi atau games aja, edit dokumen atau video yang diambil langsung dari flashdisk juga bikin flashdisk nggak awet. Usahakan pakai flashdisk untuk menyimpan data aja ya, Mercholic.

Nah, ada beberapa tips buat Mercholic agar flashdisk nggak ilang-ilangan. Pasti nggak mau kan udah beli flashdisk terbaik, susah-susah merawat, lalu flashdisk ilang gitu aja?

Tips menjaga flashdisk agar nggak ilang-ilangan

  • Kasih keterangan nama pemilik atau kontak yang bisa dihubungi kalau flashdisk ilang
  • Pasang tali atau gantungan kunci pada flashdisk
  • Buat catatan siapa yang lagi pinjem flashdisk
  • Minta orang yang pinjem flashdisk untuk mengembalikan flashdisk pada waktunya

Kalau soal flashdisk terbaik, merchandiso.com jadi tempat terbaik juga untuk memilih berbagai flashdisk yang ada. Segera kunjungi website-nya dan temukan flashdisk terbaikmu, Mercholic!