Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

Jam Meja Digital versus Analog, Kalian Pilih yang Mana

Jam Meja Digital versus Analog, Kalian Pilih yang Mana?

Kalian tim bangun tanpa alarm atau harus dengar alarm dulu baru bangun? Bagi kalian yang menggunakan alarm agar bisa bangun di pagi hari atau di waktu-waktu tertentu, pasti pernah menggunakan jam meja sebagai salah satu alarm kalian. Sesuai dengan namanya, jam meja merupakan jam yang diletakkan di meja. Eits, tapi bukan meja makan juga, ya. Jam meja biasa diletakkan di meja dekat tempat tidur agar mudah disetel sebelum tidur dan dimatikan saat alarm-nya berbunyi nyaring. Selain itu, fungsinya diletakkan dekat tempat tidur agar kalian dapat mendengarkan alarm dengan sangat jelas dan mampu bangun karena suaranya yang berisik.

Di masa kini, keberadaan jam meja mulai tergantikan dengan alarm di ponsel cerdas. Alasannya simple, untuk apa membeli jam meja lagi jika ponsel cerdas sudah dilengkapi dengan fitur alarm? Tetapi, bagi beberapa orang, jam meja tetap tidak tergantikan karena fungsi estetika yang tidak bisa didapatkan dari ponsel cerdas. Baik jam meja digital maupun analog, mereka memiliki keindahannya tersendiri di mata para penggemarnya. Nah, karena sudah mulai membahas soal kedua jenis jam meja, bagaimana jika kita coba bandingkan kedua jenis tersebut? Yuk, mari kita lihat perbandingan antara jam meja digital versus analog! Kira-kira, lebih bagus yang mana, ya?

·         Jam meja analog, si klasik yang berdetik

Kalau bicara soal analog, mungkin kalian akan membayangkan jarum jam yang biasa kalian temui pada jam dinding juga. Karena memang pada dasarnya, pengertian jamanalog merupakan jam yang dibantu oleh beberapa jarum untuk menentukan detik, menit, dan jam pada saat kalian melihatnya. Hayo, apakah kalian masih ingat dengan fungsi masing-masing jarum jam tersebut?

Jarum pada jam meja analog yang paling panjang berfungsi sebagai penunjuk menit, sementara jarum yang paling pendek berfungsi sebagai penunjuk jam atau pukul berapakah pada saat itu. Biasanya kedua jarum ini memiliki warna yang sama. Selain kedua jarum itu, ada pula jarum panjang dan jarum pendek yang lainnya. Jarum panjang lain pada jam meja analog yang paling sering berdetik berfungsi sebagai penunjuk detik. Sementara itu, jarum pendek lain pada jam meja analog berfungsi sebagai penunjuk pukul berapakah kalian ingin alarm berbunyi.

Sayangnya, kalian tidak dapat menentukan apakah alarm tersebut berbunyi pada pagi, siang, sore, atau malam. Jika kalian menyetel alarm pada jam meja analog pada pukul 4, maka alarm tersebut akan berbunyi pada pukul 4 pagi dan 4 sore. Kalian tidak dapat membuat alarm tersebut hanya berbunyi pada salah satu waktu saja. Jadi, akan cukup merepotkan apabila kalian tidak berada di dekat alarm pada salah satu waktu tersebut.

Selain itu, beberapa orang menganggap jam meja analog memiliki suada detak yang cenderung berisik. Walau suara detikan jam meja analog dapat dijadikan sebagai suara yang dapat menemani ketika hening, beberapa orang menganggapnya berisik dan mengganggu kegiatan mereka. Hal ini dirasakan terutama pada orang-orang yang sensitif dengan suara ketika tidur dan orang-orang yang sedang dilanda rasa cemas. Suara detak jarum jam meja digital dianggap akan meningkatkan rasa cemas mereka terhadap sesuatu.

jam meja custom logo merchandiso.com

·         Jam meja digital, penolong yang tak suka ribet

Jika kalian merasa membaca waktu pada jam meja analog itu ribet, maka kalian akan suka dengan jenis jam meja satu ini. Jam meja digital tidak memiliki banyak jarum seperti pada jam meja analog. Desainnya hanya menampilkan angka yang menunjukkan jam dan menit pada saat kalian melihatnya.

Jam meja digital sendiri pertama kali dipatenkan oleh D.E. Protzmann pada tahun 1956 di Amerika Serikat. Desain dari jam meja digital pertama ini memiliki pelat dua sisi yang menampilkan angka penunjuk jam dan menit dan digerakkan oleh motor elektrik dan gigi yang berputar. Kemudian desain jam meja digital yang menggunakan LED seperti yang kita lihat saat ini berasal dari jam tangan digital yang didesain oleh Perusahaan Jam Tangan Hamilton pada tahun 1970.

Beberapa jam meja digital menggunakan format 24 jam, sementara yang lainnya menggunakan format 12 jam dengan pembeda A.M. untuk pukul 12.00 malam hingga pukul 11.59 siang dan P.M. untuk pukul 12 siang hingga pukul 11.59 malam. Hal ini tentu memudahkan orang-orang untuk membaca jam dengan menggunakan jam meja digital. Selain itu, kalian juga dapat menyetel alarm pada waktu tertentu saja. Jika kalian menyetel alarm pada jam meja digital untuk pukul 4 pagi, maka kalian hanya akan mendengar alarm tersebut pada pukul 4 pagi. Kalian tak perlu khawatir alarm tersebut akan berbunyi pada pukul 4 sore juga seperti pada jam meja analog.  Selain itu, jam meja digital biasanya juga dilengkapi dengan kalender dan penanda hari. Jadi, ketika kalian hendak melihat jam, kalian juga dapat melihat kalender hari ini sekaligus hari apakah hari ini. Wah, kalau kata peribahasa, sambil menyelam minum air, ya.

Sayangnya, jam meja digital juga memiliki kelemahan, nih. Kelemahan dari jam meja digital terletak pada penggunaan LED untuk menunjukkan waktu. Jika terdapat kerusakan pada LED jam meja digital, maka kalian akan kesulitan untuk mengetahui waktu yang sedang ditunjukkan. Hal ini jelas tidak akan terjadi pada jam meja analog karena jenis jam tersebut tidak menggunakan LED untuk memunculkan angka pada jam.

Nah, itu tadi beberapa hal yang dapat dibandingkan dari jam meja digital dengan analog. Jadi, kalian lebih memiliih yang mana? Apapun pilihan kalian, yang pasti sesuaikan dengan selera dan kebutuhan kalian juga, ya. Oh iya, pernahkah kalian berpikir untuk membuat jam meja sesuai dengan bayangan dan desain yang kalian inginkan? Apakah kalian tidak mau mewujudkan keinginan tersebut?

Jika kalian ingin mewujudkan keinginan tersebut, pastikan kalian mempercayakan Merchandiso sebagai tempat pembuatan jam meja tersebut, ya! Karena Merchandiso sudah pasti menyediakan barang yang berkualitas dengan harga yang sebanding bagi para pelanggannya. Apalagi jika kalian ingin mempromosikan usaha yang kalian miliki, kenapa tidak melalui media jam meja saja? Tuliskan nama usaha kalian pada bagian dalam maupun luar jam meja dan orang-orang pasti akan melihat nama usaha kalian ketika hendak mengecek waktu. Menarik, bukan?

Yuk, jangan hanya baca tulisan ini lalu mengambil idenya tanpa membuat jam meja kalian di Merchandiso! Jangan menyesal jika tidak bisa membuat jam meja keren seperti di Merchandiso, lho. Tidak apa-apa kok jika kalian buru-buru membutuhkan jam mejanya untuk mempromosikan usaha milik kalian, karena Merchandiso siap melayani walau dalam waktu yang mepet sekali pun. Gak percaya? Coba dulu, dong!

Loh, kalian masih baca artikel ini? Buruan kunjungi website Merchandiso sebelum terlambat!

Hubungi kami