Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

Jenis-Jenis Bahan Botol Minum Tumbler

Jenis-Jenis Bahan Botol Minum Tumbler

Sebagian besar orang kemungkinan besar masih kurang paham dengan jenis-jenis bahan botol minum tumbler. Padahal, tumbler sudah banyak yang memilih menggunakannya. Tumbler harganya tidak terlalu mahal, bahkan masyarakat kadang menerimanya dari souvenir.

Selain itu, penggunaan tumbler juga menjadi langkah tepat dalam penyelamatan lingkungan. Bagaimana tidak begitu, jika dengan tumbler nyatanya mampu meminimalisir penggunaan botol minum kemasan sekali pakai yang berpotensi menjadi sampah. Tumbler cocok untuk orang-orang dengan kesibukan tinggi, dan sering lupa minum.

Di pasaran, tumbler dibuat dari macam-macam material. Masing-masing memiliki kelebihan masing-masing. Informasi tentang jenis bahan botol minum tumbler di bawah ini bisa jadi bahan pertimbangan Anda. Baik yang mau beli tumbler untuk kebutuhan pribadi atau berminat menjadikannya sebagai souvenir.

Stainless Steel

Botol minum tumbler yang sering ditemukan adalah dari bahan stainless steel. Soal bobot, jenis tumbler satu ini memang relatif berat dari bahan lain. Bahkan, dari segi harga juga terbukti lebih mahal. Selain itu, tumbler stainless steel mempunya grade paling tinggi diantara jenis bahan lainnya.

Tumbler dari material stainless steel sebenarnya dibagi lagi menjadi beberapa klasifikasi. Masing-masing dibedakan menurut kode yaitu 201, 301, serta 304. Banyak produk tumbler stainless steel menggunakan 2 lapisan bahan tersebut untuk menjaga kualitas.

Material stainless steel pada tumbler diketahui dapat menjaga suhu air di dalamnya. Banyak yang bilang, jika suhu air di dalam tumbler stainless steel dapat bertahan sampai 12 jam lamanya. Walaupun kekuatan ketahanan suhu tersebut juga ditentukan oleh hal lain seperti jenis dan kualitas tumbler itu sendiri.

Bagi Anda yang ada rencana mau pergi dan membawa persediaan air, sangat disarankan untuk menyimpannya pada tumbler stainless steel, sebab sangat menjaga suhu air di dalamnya.

Faktanya, tumbler dari bahan stainless steel memang cukup banyak kelebihannya namun tak menutup kemungkinan punya sedikit kekurangan. Bukan hanya harganya yang relatif mahal saja. Tumbler stainless steel juga terkesan tidak begitu praktis untuk dibawa sehari-hari karena bobotnya relatif berat.

Kekurangan tersebut masih bisa ditutupi dengan daya tahannya yang sangat kuat dan membuatnya awet. Tumbler stainless steel juga cocok untuk kebutuhan perjalanan jarak jauh. Sebelum membelinya, Anda hanya perlu memperhatikan ciri-cirinya supaya diperoleh produk sesuai dengan kualitas yang diinginkan.

Plastik

Bahan botol minum tumbler berikutnya adalah plastik. Mungkin botol minum tumbler yang satu ini sangat umum ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa souvenir juga sering pakai tumbler plastik ini sebagai pilihan produknya. Material plastik sudah lama dikenal mudah dibentuk sesuai keinginan.

Pasalnya memang memiliki karakteristik yang lentur jika dipanaskan. Selain itu, bahan plastik juga sangat ringan sehingga praktis dibawa kemana-mana. Apalagi tumbler plastik juga didukung dengan bentuk dan warna yang cukup banyak di pasaran.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, ada baiknya pastikan dulu tumbler plastik sudah memiliki label sertifikat BPA free. Dengan begitu, ada jaminan jika produk tumbler tersebut aman digunakan dalam jangka panjang. Ada hal lain yang harus Anda tahu adalah produk dari plastik dilengkapi dengan semacam kode tertentu yang memiliki makna sendiri-sendiri yaitu:

  • PET atau PETE

Singkatan dari Polyethylene Etilen Terephalate merupakan kode tumbler plastik yang cukup populer. Ciri kode tersebut biasanya memiliki warna transparan putih atau jernih dan tembus pandang. Biasanya ditemukan pada botol jus atau kemasan air mineral. Kode ini menunjukkan bahwa botol tersebut hanya boleh dipakai satu kali. Jika masih dipakai berulang kali bisa berpotensi menyebabkan penyakit kanker.

  • HDPE

Kepanjangan dari High Density Polyethylene. Kode produk dari plastik yang biasanya ditemukan di susu kemasan, gallon air putih, kursi lipat, Tupperware, dan lainnya. Daripada PET tadi, HDPE diketahui memiliki sifat lebih kuat dan tahan lama. Strukturnya juga keras, buram, dan mampu bertahan dalam suhu tinggi. Botol tumbler plastik dengan kode HDPE bisa berarti botol tersebut membeli kemampuan mencegah terjadi reaksi kimia walaupun hanya boleh dipakai sekali saja.

  • PVC

Atau Polyvinyl Chloride adalah kode yang biasa ditemukan pada plastik pembungkus botol-botol. Bisa terjadi reaksi berbahaya jika kemasan tersebut terkena makanan. Bahan PVC ini sangat beracun. Pada umumnya bahan PVC akan diolah kembali menjadi tikar, panel, dan lainnya.

  • LDPE

Low density Polyethylene yaitu tipe plastik coklat yang terbuat dari minyak bumi. Pada umumnya dipakai untuk plastik kemasan, tempat makanan, mebel, botol lembek, dan lainnya. Bahan plastik LDPE tahan pada suhu hingga 60 derajat dan resisten dengan bahan kimia. Plastik LDPE cocok untuk tempat makanan karena tidak akan terjadi reaksi kimia pada makanan yang tersimpan di dalamnya.

  • PP

Adalah polypropylene adalah kode pada botol transparan namun tidak jernih. Memiliki struktur yang kuat tapi juga ringan dan memiliki daya tembus pandang yang rendah. Kelebihan dari tumbler plastik dengan kode PP ini adalah mempunyai ketahanan yang bagus pada lemak, tampilannya mengkilap, hingga stabil walaupun berada di suhu tinggi. Kode plastik PP sering ditemukan pada botol minum bayi atau tempat penyimpanan makanan.

  • PS

Polystyrene yaitu kode plastik di tumbler juga juga banyak ditemukan pada tempat makan styrofoam. Bahkan, beberapa juga ditemukan pada botol minum sekali pakai. Tumbler dengan kode plastik ini harus dihindari sebab berbahaya bagi kesehatan otak dan menyebabkan gangguan hormon.

Kaca

Anda mungkin juga pernah menemukan bahan botol minum tumbler kaca. Tampilannya sangat eksklusif. Biasanya dicetak dengan mesin kebab sehingga desainnya dapat disesuaikan.

Pada umumnya, tumbler kaca ini dipakai sebagai kemasan minuman berupa infuse water. Minuman yang dilengkapi dengan buah-buahan di dalamnya. Namun, tumbler kaca juga sebenarnya masih cocok untuk tempat minuman kopi atau air putih sekalipun.

Soal bobot, mungkin cukup berat karena memang bahan kaca tidak bisa dikatakan ringan. Namun saat dipakai sebagai souvenir, sepertinya sangat cocok dan memberikan kesan professional.

Aluminium

Terakhir, ada juga bahan botol minum tumbler yaitu dari aluminium. Kalau tumbler bahan yang satu ini memiliki keunggulan terutama dari segi harga. Tumbler aluminium jelas lebih terjangkau dari bahan lainnya seperti stainless steel maupun kaca.

Anda juga pasti tahu, sudah banyak alat rumah tangga yang menggunakan bahan jenis ini. Pasalnya, dikenal cukup aman saat dipakai untuk membawa air panas. Artinya, lumayan cocok bagi Anda yang ingin membawanya ke tempat dengan suhu dingin.

Walaupun ringan, tumbler aluminium tetap memiliki kualitas yang hampir sama dengan stainless steel. Kalau dibandingkan dengan tumbler plastik, memang harganya lebih mahal. Tapi dari segi kualitas dan keamanan tidak perlu diragukan lagi. Anda tinggal pilih saja tumbler aluminium dengan desain dan model yang unik supaya tidak membosankan.

Itu dia tadi beberapa bahan botol minum tumbler yang banyak ditemukan di masyarakat. Apakah Anda tertarik untuk membelinya sebagai souvenir? Jika benar begitu, pastikan memilih vendor pembuat souvenir terbaik seperti Merchandiso. Hasil berkualitas dan memuaskan pasti Anda dapatkan. 

Merchandiso.com
Logo
Enable registration in settings - general
Compare items
  • Total (0)
Compare
0
Hubungi kami