Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

Jenis Pulpen yang Cocok Buat Siapa Aja

Jenis Pulpen yang Cocok Buat Siapa Aja

Siapa sih yang nggak tau pulpen? Pulpen, bolpoin, atau pena emang nggak bisa lepas dari zaman now karena buat nulis apapun kalau nggak butuh pensil pasti pulpen. Zaman dulu orang-orang masih pakai bulu plus tinta untuk menulis. Dengan pulpen, bulu dan tinta ini jadi satu. Canggih betul ya? Tapi pernah nggak sih Mercholic bertanya-tanya gimana ceritanya pulpen ini bisa muncul?

Sejarah singkat munculnya pulpen

Ternyata pulpen muncul pada tahun 1938 yang dikembangkan oleh jurnalis asal Hungaria bernama Laszlo Biro. Awalnya ia merasa tinta yang digunakan dalam percetakan koran cepat kering, tumpah, dan bisa merobek kertas kalau bulu penanya terlalu tajam. Lalu, Biro mencari-cari cara untuk mengatasi masalah ini.

Untungnya, ia punya saudara lelaki yang seorang kimiawan bernama George. Mereka berdua mengembangkan ujung pena berupa bola kecil. Bola ini akan berputar dan mengambil tinta yang mengalir di bagian dalamnya. Karena bola inilah muncul kata ballpoint pen yang kita kenal dengan bolpoin atau pulpen. Rancangan ini dipatenkan pada 10 Juni 1943 di Argentina. Merek pertama dari temuan ini adalah merek Birome yang sampai sekarang masih dijual lho!

Pulpen jadi populer banget di masyarakat. Orang-orang jadi nggak perlu repot-repot pake pena bulu dan tinta secara terpisah. Jenis pulpen juga banyak banget sekarang. Bahkan ada lho jenis pulpen antariksa. Tapi pulpen antariksa ini secara “nggak sengaja” booming karena digunakan untuk menyelamatkan para astronot pada misi pendaratan manusia pertama di bulan.

Jenis pulpen yang cocok buat siapa aja

Jenis pulpen emang banyak banget di dunia ini. Bayangkan, di satu toko aja jenisnya udah banyak banget apalagi sedunia. Nah, pulpen-pulpen ini punya beragam jenisnya. Ada 3 jenis pulpen yang cocok buat semua kalangan nih.

  • Ballpoint

Jenis ballpoint paling banyak dipakai sama siapa aja sampai kita jadi mengenalnya sebagai nama lain dari pulpen. Bolpoin ini cocok digunakan untuk menulis, menggambar, dan lain-lain. Nggak heran kenapa bolpoin ini paling cocok digunakan oleh siapa aja. Di Indonesia, bolpoin ini memiliki tinta tebal yang tersimpan dalam sebuah pipa kecil dan bola besi sebagai tempat keluarnya tinta. Keuntungan dari jenis bolpoin ini adalah kita bisa menulis dengan halus. Tapi, bolpoin ini bisa kering dan bocor kalau nggak kita rawat. Bisa-bisa kertas jadi kotor karena tinta dari bolpoin ini.

  • Rollerball

Jenis pulpen yang satu ini punya warna yang bermacam-macam. Kalau Mercholic sering menggunakan tinta biru, merah, atau warna lainnya bisa jadi jenis pulpennya adalah rollerball. Pulpen rollerball memiliki tinta bercampur air (water-based ink) dengan bola yang lebih kecil daripada jenis ballpoint. Pulpen ini cocok buat Mercholic yang nggak pengen ngeluarin tenaga terlalu besar buat nulis. Sebab, pulpen rollerball ini ringan untuk digunakan. Tapi, tulisan yang kita buat bisa jadi nembus di belakang kertasnya karena terlalu cair.

  • Pen

Jenis pen ini punya keunikan dari jenis lainnya yaitu tinta yang bisa diisi ulang ketika habis. Isi ulang jenis pen ini menggunakan pipetkhusus sesuai ukuran garis tulisan yang Mercholic pengen. Tapi, karena kecanggihan ini justru membuat jenis pen paling mahal diantara jenis pulpen lain. Pen ini biasa digunakan untuk keperluan penting seperti tanda tangan kontrak, pertemuan resmi, dan sejenisnya.

  • Gel ink pens

Jenis pulpen ini memiliki tinta yang terbuat dari gel. Gel ini membuat tinta mengering lebih lama dari jenis pulpen lain. Oleh sebab itu, jenis pulpen gel ink nggak cocok kalau dibuat untuk aktivitas yang terlalu banyak nulisnya. Biasanya jenis pulpen gel ink cocok untuk penulisan seni seperti typography atau kaligrafi. Jenis pulpen gel ink cocok buat Mercholic yang suka berkreasi dengan tulisan.

Sekarang kita udah tau jenis-jenis pulpen yang nggak bisa lepas dari kehidupan kita. Penting juga lho untuk tau cara memilih pulpen yang cocok buat Mercholic.

Cara memilih pulpen yang cocok
  • Perhatikan jenisnya

Yang satu ini Mercholic udah tau lah ya. Sama seperti penjelasan sebelumnya, kita perlu tau jenis pulpen yang cocok buat kita. Kebanyakan orang milih pulpen yang nyaman digunakan kalau nulis. Oleh sebab itu, pilih pulpen yang bikin Mercholic nyaman pas nulis ya.

  • Tinta yang nggak ribet

Nggak ribet ini bukan berarti tintanya ngambek sama kita ya, Mercholic. Tinta yang ribet ini kalau dia sering macet atau sering tumpah. Tinta yang sering macet bakal ngabisin banyak waktu buat memperbaikinya. Kalau sering tumpah pun, kita jadi ribet untuk membersihkan tintanya. Untuk mengatasinya, Mercholic bisa coba nulis dengan pulpen yang mau dibeli.

  • Pilih merek terkenal

Sebisa mungkin Mercholic pilih pulpen yang mereknya sudah terpercaya dan dikenal banyak orang. Ini adalah salah satu bentuk kualitas dari pulpen itu sendiri. Tapi, sesuaikan juga dengan kebutuhan ya. Jangan sampai beli merek terkenal tapi nggak sering dipakai karena nggak sesuai kebutuhan.

  • Sesuaikan ukuran pulpen dengan tangan

Sebelum beli pulpen, jangan lupa untuk sesuaikan ukuran pulpen dengan tangan. Jangan sampai ukuran pulpen membuat kita kesusahan untuk nulis dan bikin nggak nyaman. Oleh sebab itu, ada baiknya Mercholic mencoba nulis dengan pulpen sebelum dibeli untuk menyesuaikan ukuran dan mengecek tintanya.

  • Liat penampilannya

Buat nambah motivasi menulis, Mercholic bisa banget mempertimbangkan penampilan atau desain pulpennya. Kalau menarik dan sesuai kebutuhan, Mercholic bisa lekas beli pulpennya. Tapi, jangan lupa untuk kembali ke fungsi utama pulpen sebagai alat menulis ya. Jangan sampai terbuang sia-sia tintanya karena hanya sebagai pajangan di tempat pensil kita.

Selain tau cara milih pulpen yang cocok, jangan lupa untuk tau cara merawatnya juga ya. Ada beberapa tips buat Mercholic nih dalam merawat pulpen.

Tips merawat pulpen yang cocok buat kita
  • Bersihkan ujung pulpen setelah dipakai dengan kain yang telah dibasahi air hangat.
  • Keringkan ujung pulpen dengan kain halus atau tisu.
  • Kasih sedikit minyak sayur pada ujung pulpen agar nggak gampang karatan.
  • Selalu simpan pulpen di tempat yang kering.
  • Jika tinta macet, coba tulis di penghapus atau sesuatu yang berbahan karet untuk menarik tinta keluar. Mercholic juga bisa merendam pulpen di dalam alkohol selama 5 menit agar tinta bisa keluar.
  • Jaga pulpen baik-baik. Sering banget pulpen kita hilang karena lupa naruh atau minjemin temen. Pastikan Mercholic menjaga pulpen sebaik mungkin ya. Jangan sampai disia-siakan kekuatan pulpen ini!

Itulah beberapa tips terkait pulpen yang cocok buat siapa aja. Mercholic nggak perlu bingung buat nyari pulpen ke mana. Kalau urusan pulpen yang cocok buat siapa aja, merchandiso.com punya banyak pilihannya. Mercholic bisa pilih pulpen yang paling cocok buat kebutuhan. Segera kunjungi website merchandiso.com buat tau pulpen cocok buat Mercholic ya!

Hubungi kami