Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

Ternyata Ini Alasan Kenapa Notebook itu Penting

Ternyata Ini Alasan Kenapa Notebook itu Penting

Notebook yang satu ini bukan notebook jenis laptop ya, Mercholic. Notebook yang satu ini diartikan sebagai buku catatan adalah salah satu media untuk nulis berbagai hal yang kita inginkan. Notebook sendiri terdiri dari berbagai kertas kosong yang disusun untuk kita tulis. Notebook jadi produk yang masih marak dijual di pasar. Sebab anak sekolah, kuliah, bahkan kerja pun masih membutuhkan notebook dalam menjalankan aktivitasnya. Notebook menjadi produk yang belum tergantikan meskipun berbagai perangkat elektronik yang canggih sudah marak dijual juga. Mercholic tau nggak sih kenapa notebook itu penting?

Note Book Promosi merchandiso.com

Kenapa notebook itu penting

  • Memudahkan kita mengingat informasi

Buat Mercholic yang suka menulis, notebook ini bisa jadi media yang tepat untuk menulis beberapa hal yang mungkin bakal susah untuk diingat terus. Menulis di notebook bakal memunculkan koordinasi tangan dan otak kita untuk mencoba mengingat apa yang sudah dituliskan.

  • Mengurangi pengganggu

Dengan mencatat segala hal dalam notebook, kita nggak bakal mudah terganggu atau terdistraksi dengan hal lain. Misal dalam sebuah meeting, kita perlu mencatat beberapa hal penting. Jika kita catat melalui handphone, kita bakal kehilangan fokus pas ada notification pesan yang masuk. Kalau menggunakan notebook, kita bakal lebih fokus untuk mencatat hal penting selama meeting.

  • Bisa jadi tempat yang sangat memorable

Nggak cuma tempat wisata atau tempat lainnya aja, notebook bisa jadi tempat yang berkesan banget lho buat kita. Bayangkan jika kita sudah menulis di notebook sejak kecil hingga dewasa. Bakal banyak banget kenangan hidup kita di dalam notebook mulai dari curhatan, tips-tips, dan tempat untuk refleksi pengembangan diri. Dengan notebook, kita bakal sadar dengan apa yang telah kita lalui untuk menghadapi masa depan yang lebih baik.

  • Nggak perlu listrik

Notebook nggak kayak laptop atau handphone yang sewaktu-waktu bisa mati karena baterai abis. Bayangkan kalau lagi nyatet hal penting dan perangkat tiba-tiba mati, bisa hilang semua catatan kita kalau nggak tersimpan. Oleh sebab itu, notebook jadi solusi yang tepat untuk menulis catatan yang hemat listrik.

  • Praktis dibawa

Sekarang udah banyak jenis notebook yang dibedakan berdasarkan jenis ukurannya. Ukuran yang kecil-kecil ini bisa memudahkan untuk kita bawa ke mana-mana.

Tapi menggunakan notebook itu juga nggak bisa sembarangan, Mercholic. Ada beberapa orang yang beli notebook hanya karena warnanya yang menarik atau bagus sebagai pernak-pernik. Padahal fungsi utama notebook adalah untuk ditulis. Kalau nggak ditulis pun, kertas yang ada di dalam notebook jadi sia-sia. Nanti kita termasuk orang yang nggak ramah lingkungan karena membuang-buang kertas yang produksinya dari pohon. Oleh sebab itu, kita perlu tau gimana cara milih notebook yang penting sesuai keinginan dan kebutuhan kita.

Tips memilih notebook penting

  • Pilih ukuran notebook sesuai kebutuhan

Memilih ukuran notebook ini biasanya dikaitkan dengan kepraktisannya ketika dibawa. Selain itu, ukuran notebook harus disesuaikan juga dengan rata-rata ukuran tempat penyimpanan. Jangan sampe notebook malah susah disimpan di laci meja karena ukurannya kegedean. Beberapa ukuran notebook yang populer di masyarakat yaitu:

  • Ukuran B5. Salah satu ukuran notebook yang populer dipake orang Indonesia adalah ukuran B5. Ukuran B5 ini lebih kecil daripada A4. Ukuran B5 lebih sering digunakan anak-anak sekolah sebagai buku catatan pelajaran.
  • Ukuran A4. Notebook ukuran A4 biasanya digunakan sebagai catatan yang harus sesuai dengan standar formal. Ukuran A4 ini identik dengan ukuran kertas print atau fotokopian. Jika Mercholic membutuhkan ukuran dengan standar internasional maka A4 menjadi pilihan ukuran yang tepat.
  • Ukuran A5. Ukuran A5 merupakan setengah dari ukuran A4. Notebook ukuran A5 cocok untuk ditaruh di tas-tas kecil. Ukuran A5 ini biasa digunakan ketika kerja di kantor.
  • Pastikan ukuran garis sesuai dengan karakter tulisan

Meskipun ada notebook yang polosan, sebagian besar notebook memiliki ciri garis pada buku catatan untuk memudahkan penulisan kita. Garis ini berfungsi merapikan tulisan kita supaya nggak miring-miring. Ukuran garis ini juga punya berbagai macamnya yaitu:

  • Ukuran 8 mm. Ukuran garis 8 mm ini memiliki jarak antarbaris yang besar. Ukuran ini cocok banget untuk nulis huruf yang gede-gede. Tapi bukan berarti kalau tulisannya kecil nggak bisa pakai ukuran garis notebook 8 mm ya, Mercholic. Kita tetep bisa memanfaatkan sisa spasi untuk catatan tambahan.
  • Ukuran 7 mm. Mayoritas notebook memiliki garis ukuran 7 mm. Beberapa orang menyebut ukuran 7 mm adalah garis normal mendatar. Ukuran antarbaris 7 mm ini cukup lebar sehingga kita bisa menulis di tiap barisnya dengan mudah.
  • Ukuran 6 mm. Ukuran garis notebook ini lebih bisa memuat banyak huruf daripada ukuran garis 7 mm. Ukuran garis 6 mm disebut juga dengan garis sedang mendatar. Buat Mercholic yang tulisannya nggak begitu gede, ukuran garis 6 mm ini bisa jadi pilihan yang tepat.
  • Ukuran 5 mm. Kalau Mercholic suka tipe tulisan yang jarak antarbarisnya nggak terlalu lebar, ukuran garis 5 mm ini bakal cocok dipilih. Biasanya ukuran garis 5 mm ini digunakan untuk membuat tabel atau grafik. Ukuran garis 5 mm ini nggak cocok buat Mercholic yang tulisannya cenderung gede atau pusing kalau liat tulisan yang antarbarisnya terlalu mepet.
  • Pilih tipe garis yang sesuai dengan tujuan penulisan

Garis yang terdapat pada notebook juga memiliki 3 jenisnya lho, Mercholic. Ketiga jenis tersebut adalah garis lurus, garis dengan titik-titik yang teratur, dan garis not musik. Garis lurus paling banyak digunakan untuk menulis sedangkan garis dengan titik-titik yang teratur cocok digunakan untuk menggambar grafik atau bentuk lainnya. Adapun garis not musik ditujukan untuk anak-anak yang masih belajar nulis.

Perhatikan tipe binding

Binding adalah bentuk jilid yang terdapat pada notebook. Ada notebook yang tipenya ditempel (note binding) dan ada juga yang tipenya menggunakan ring plastik atau ring besi (ring binding). Keduanya sama-sama nggak bisa isi ulang kertasnya. Adapun tipe binding yang bisa diisi ulang adalah tipe loose-leaf binding.

Pertimbangkan warna yang sesuai

Warna juga jadi poin penting dalam memilih notebook lho. Notebook emang menarik banget kalau warnanya bisa menambah motivasi kita untuk menulis. Tapi, sesuaikan juga warna yang dipilih dengan waktu penggunaan notebook tersebut. Jangan sampai notebook warna-warni dengan motif anak-anak dibawa sebagai media menulis saat meeting dengan pejabat resmi. Notebook akan terlihat kurang elegan pada saat-saat yang seperti ini.

Kalau soal pilihan notebook, Mercholic nggak perlu khawatir karena bingung mau cari dimana. Sekarang udah banyak toko offline maupun online yang menyediakan berbagai macam pilihan notebook. Salah satu toko yang terpercaya adalah merchandiso.com. Yuk, buruan cari di merchandiso.com untuk nemu notebook penting buat Mercholic!