Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

Mengenali Fungsi dan Kegunaan Jam Dinding

Mengenali Fungsi dan Kegunaan Jam Dinding

Penulis: Shinni Islamiyah

Mercholic tentunya sudah tidak asing lagi dengan jam dinding, kita semua sangat familiar dengan benda yang satu ini. Jam dinding merupakan suatu kebutuhan bagi kita dalam menjalani rutinitas.

Karena jika kita tidak mengetahui waktu, akan sulit bagi kita dalam meng-organize aktivitas keseharian. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini banyak orang yang stay at home dan juga work from home, yang membuat keberadaan jam dinding semakin dibutuhkan.

Tidak hanya di rumah, barang yang satu ini telah menjadi hal wajib yang harus ada di ruangan fasilitas publik, seperti sekolah, kantor, rumah sakit, dan banyak lainnya.

Jam dinding merupakan suatu benda yang digunakan sebagai penunjuk waktu yang biasanya dipasang di dinding, baik itu dinding di rumah, dinding di sekolah, dinding di kantor atau di mana pun itu.

Awal mula jam dinding

Jam dinding konon berawal dari jam bayangan matahari yang dibuat oleh masyarakat mesir kuno. Orang Mesir pada tahun 3500 SM mempunyai cara menunjukkan waktu dalam bentuk obelisk.

Obelisk adalah monumen ramping, mempunyai empat sisi, meruncing yang bayang-bayangnya jatuh dipasir dan menunjukkan waktu yang berlalu. Pada waktu yang kira-kira bersamaan (3500 SM) jam matahari juga dipergunakan.

Jam matahari terdiri dari lempengan bulat dengan tonjolan miring dari pusatnya. Ketika matahari bergerak, bayangan yang jatuh dilempengan itu akan menunjukkan waktu. 

Lalu berkembang dengan sisitem kerja mekanik, dan pada tahun 1600-an di Eropa, dimana jam dinding dibuat dari bahan kuningan yang tergantung di dinding dengan bantuan tali dan rantai.

Pada saat itu jam dinding ini hanya dimiliki oleh para raja dan ratu karena untuk bisa memiliki benda ini dibutuhkan biaya  yang sangat mahal  mengingat dalam proses pembuatanya dibutuhkan  waktu berbulan-bulan untuk membuat satu jam dinding saja.

Kemudian selanjutnya di Inggris, alat penanda jam ini diubah dari  berbahan  kuningan tradisional menjadi jam dinding modern yang sangat akurat dan menarik dengan gaya serta desain yang terbuat dari kayu yang di cat.

Saat ini bisa Mercholic dapatkan dengan harga yang tidak mahal karena jam dinding di zaman sekarang kebanyakan berbahan plastik dan sudah diproduksi masal dan setiap orang di dunia  rata-rata memiliki jam dinding di rumahnya dengan berbagai variasi ukuran. Dari yang kecil, normal, hingga besar.

Sekarang, setelah Mercholic mengetahui apa itu jam dinding dan juga sejarahnya, ada baiknya kita mengenali fungsi dan kegunaan jam dinding itu sendiri.

Penunjuk waktu

Penggunaan jam dinding adalah untuk penunjuk waktu sama halnya seperti jam pada umumnya seperti jam tangan, jam pintar (smart watch), dan yang lainnya. Dengan barang ini, Mercholic bisa mengatur waktu yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Pilihlah desain jam dinding yang tidak terlalu rumit agar Mercholic dapat dengan cepat dan tepat memahami waktu yang ditunjukkan oleh benda yang satu ini.

Mempercantik dan memperindah ruangan

Tidak hanya fungsi utamanya sebagai penunjuk waktu, Mercholic juga bisa mempercantik dan memperindah ruangan dengan menempatkan jam dinding, di rumah, di kantor, di sekolah dan lainnya.

Apalagi saat ini jam dinding memiliki berbagai macam bentuk dan warna yang asik untuk memanjakan mata, sehingga dinding ruangan tidak terasa polos begitu saja, sehingga Mercholic merasa tenang dan nyaman ketika berada di dalam ruangan.

Di samping itu, hiasan berupa jam dinding juga dapat menunjukkan kepribadian dari pemilik ruangan. Jadi pastikan Mercholic memilih jam dinding yang sesuai dengan dirimu ya.

Kepribadian ceria dapat memilih warna-warna cerah. Mereka yang cool dan pemikir, atau simple dapat memilih warna-warna netral.

Buat Mercholic yang tegas dan suka kepastian, jam dinding digital dapat menjadi pilihan. Untuk kamu yang klasik dan elegan, dapat memilih jam dinding dinding dengan pendulum

Bahkan ada yang membuat jam dinding yang sekaligus berfungsi sebagai rak buku untuk Mercholic yang senang membaca.

Penunjuk waktu ibadah

Ruangan rumah atau kantor merupakan salah satu tempat yang sering dimanfaatkan untuk beribadah.

Dengan memasang jam dinding di ruangan, Mercholic akan lebih mudah mengontrol aktivitas karena dapat menengok ke arah dinding setiap saat untuk melihat jam, sehingga waktu untuk beribadah tidak terabaikan.

Media promosi dan pemasaran

Tentu saat ini sudah tidak asing lagi bagi Mercholic untuk melihat jam dinding custom yang terpampang jelas logo, nama, dan tagline suatu perusahaan atau tulisan dan gambar dari sebuah event.

Banyak keuntungan menggunakan jam dinding sebagai merchandise. Misalnya Mercholic memberikan jam dinding kepada klien. Lalu ia memasang atau menggantungkan jam dinding tadi di ruang tamu, ruang keluarga atau dapur.

Ketika ada tamu atau sanak saudara klien tersebut berkunjung ke rumahnya, lalu melihat jam tersebut, pasti tamu maupun saudaranya akan membaca nama dan tag line yang menjadi latar belakang jam.

Maka, tidak menutup kemungkinan akan timbul rasa ingin tahu dalam benak tamu maupun sanak saudara dari klien Mercholic. Kemudian mereka akan bertanya lebih lanjut kepada klien yang bersangkutan mengenai perusahaanmu.

Jadi jangan menyepelekan fungsi dan manfaat dari penggunaan jam dinding dalam keseharian apalagi fungsi jam dinding sudah mengalami perluasan salah satunya sebagai media promosi.

Pilihlah perusahaan percetakan yang sudah terpercaya untuk memproduksi merchandise jam dinding. Dan Merchandiso adalah jawabannya. Mengapa? Karena merchandiso sudah berpengalaman dalam memproduksi berbagai macam merchandise  dan salah satunya adalah jam dinding.

Merchandiso juga telah menangani banyak klien, dan didukung dengan pelayanan dari Customer Service-nya yang handal.

Terdapat berbagai pilihan jam dinding, dari yang simple, elegan, hingga unik, yang dapat Mercholic pesan. Tunggu apalagi? Segera kunjungi laman website-nya di merchandiso.com

Hubungi kami