Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

Begini Cara Merawat Power Bank Agar Tetap Awet

Begini Cara Merawat Power Bank Agar Tetap Awet

Mercholicpasti setuju kalau power bank sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Power bank hampir selalu dibawa kemanapun kita pergi untuk jaga-jaga ketika baterai handphone habis. Dengan adanya power bank, kita nggak perlu repot-repot mencari stop kontak untuk charge handphone. Tapi, kita perlu hati-hati juga dalam menggunakan power bank karena barang ini bisa cepat rusak kalau nggak dirawat dengan baik. Penting banget untuk tau cara merawat power bank agar tetap awet. Sebelum itu, kira-kira apa saja yang menyebabkan power bank cepat rusak ya?

Penyebab power bank cepat rusak

  • Main handphone yang sedang di-charge power bank

Seringkali kita keasikan main handphone bahkan pas lagi di-charge. Kebiasaan ini bisa merusak handphone maupun power bank karena kepanasan. Kalau makin panas, power bank bisa-bisa meledak dan membahayakan diri kita.

  • Power bank jatuh atau tertimpa barang lain

Sebisa mungkin kita jaga power bank supaya nggak jatuh. Selain itu, pastikan power bank nggak tertimpa barang lain. Secara nggak sadar, kita bisa aja menduduki power bank jika meletakkan power bank di saku belakang celana. Nggak cuma pacar, power bank juga sensitif sehingga harus kita jaga dengan baik ya, Mercholic.

  • Menggunakan kabel eksternal selain kabel asli dari charger

Kita biasa menggunakan kabel eksternal saat lupa membawa kabel asli dari charger handphone. Penggunaan kabel eksternal dapat menyebabkan kerusakan pada power bank dan handphone.

  • Power bank terlalu sering di-charge

Sama seperti handphone, kita perlu mengisi ulang baterai power bank ketika habis. Tapi, setiap power bank punya siklus daya tahan yang beda-beda lho, Mercholic. Jenis baterai yang terdapat pada power bank terbagi menjadi 2 yakni Li-Ion (Lithium-Ion) dan Li-Po (Lithium-Polymer). Power bank dengan baterai Li-Ion bisa hidup sebanyak 500 kali isi ulang sedangkan baterai Li-Po hidup sebanyak 1000 kali isi ulang.

  • Power bank di-charge saat baterai masih ada atau benar-benar habis

Mengisi power bank saat baterai masih ada membuat baterai power bank bocor dan cepat rusak. Selain itu, mengisi power bank saat baterai benar-benar habis juga bisa membuat proses charge lebih lama dan baterai cepat aus.

  • Membiarkan power bank overcharging

Sebenarnya semua perangkat elektronik baik power bank, handphone, atau laptop akan cepat rusak jika masih di-charge saat baterai sudah penuh. Hal ini dapat mempercepat kerusakan pada baterai yang nggak memiliki sertifikat overcharging protection.

  • Menyimpan power bank berdekatan dengan barang elektronik lain

Barang elektronik dapat memancarkan gelombang magnetik yang nggak baik untuk barang elektronik lainnya termasuk power bank. Gelombang magnetik yang dipancarkan tersebut membuat power bank cepat rusak.

Tips merawat power bank supaya tetap awet

  • Biarkan power bank mengisi baterai handphone tanpa dimainkan
  • Simpan power bank di tempat yang aman dan jauh dari barang elektronik lain
  • Cabut kabel charger pada power bank ketika baterai handphone sudah terisi penuh
  • Selalu memakai kabel charger asli handphone ketika menggunakan power bank
  • Charge power bank saat baterai pada kondisi low atau rendah dan hentikan saat baterai power bank sudah terisi penuh
  • Memilih power bank dengan kualitas terbaik

Mercholic pasti tau kalau terdapat berbagai macam merek power bank yang menawarkan kualitas produknya masing-masing. Ada power bank dengan harga murah dan ada pula yang mahal. Pembelian power bank bisa disesuaikan dengan kantong kita dengan tetap memperhatikan kualitas barangnya. Namun, seringkali power bank asal dibeli dengan harga murah demi memenuhi kebutuhan. Kadang power bank juga rela dibeli dengan harga mahal karena menganggap kalau mahal pasti kualitasnya bagus. Padahal nggak semua power bank memiliki kualitas yang sebanding dengan harganya.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips untuk Mercholic dalam memilih power bank berkualitas nih. Ini merupakan langkah awal dalam merawat power bank juga lho!

Tips memilih power bank dengan kualitas terbaik
  • Pertimbangkan kapasitas power bank yang kamu butuhkan

Setiap power bank memiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda. Biasanya, kapasitas power bank berada antara 1.000 mAh sampai 120.000 mAh. Kapasitas ini berpengaruh pada berapa banyak power bank dapat digunakan untuk mengisi baterai handphone. Semakin besar kapasitas maka semakin mahal harga power bank.Mengingat sebagian besar handphone saat ini memiliki kapasitas baterai sekitar 2.500 sampai 3.500 mAh maka power bank dengan kapasitas 15.000 mAh bisa menjadi pilihan. Mercholic bisa mengisi baterai handphone dengan power bank kurang lebih 3 kali sampai baterai power bank habis.

  • Memilih ukuran power bank sesuai kesukaan kamu

Ukuran power bank ternyata juga menunjukkan kapasitas baterai yang dimiliki lho, Mercholic. Semakin kecil ukurannya maka semakin sedikit pula kapasitas baterai power bank. Tapi, seiring berjalannya waktu mulai banyak power bank dengan ukuran kecil yang memiliki kapasitas baterai yang banyak.

  • Menyesuaikan kantong dengan harga power bank yang ingin dibeli

Sebelum membeli power bank pastikan kita memiliki budget yang sesuai ya, Mercholic. Secara umum, power bank yang sangat murah bakal gampang cepat rusak. Tetapi, harga juga tergantung dari hal lain seperti merek dan kecanggihan dari power bank.

  • Perhatikan port yang dimiliki power bank

Kebanyakan power bank memiliki satu atau dua port untuk menyambungkan kabel charger ke handphone. Tetapi, jumlah port ini bergantung pada kapasitas baterai yang dimiliki power bank. Semakin tinggi nilai Ampere pada setiap port maka semakin cepat power bank mengisi baterai handphone.

  • Memilih jenis baterai power bank yang sesuai

Kita sudah mengenal ada 2 jenis baterai power bank yaitu Li-Ion dan Li-Po. Diantara keduanya, jenis Li-Ion lebih banyak dijual di toko-toko. Jenis Li-Ion lebih murah daripada Li-Po tetapi kapasitas baterai yang dimiliki Li-Ion lebih sedikit. Sedangkan, jenis Li-Po memiliki kapasitas baterai yang lebih tinggi tetapi harganya mahal.

  • Perhatikan fitur yang ada pada power bank

Selain kapasitas baterai yang dimiliki, tentunya kita ingin memiliki power bank yang memudahkan kita dalam memakainya. Seperti fitur LCD yang dapat menunjukkan persentase kapasitas baterai atau senter yang bisa kita gunakan. Sebisa mungkin pilih power bank yang bisa digunakan selain sebagai pengisi baterai ya, Mercholic!

  • Pilih merek power bank yang sudah dikenal

Sekarang sudah banyak merek populer yang menjual power bank dengan berbagai fitur dan tampilan yang menarik. Ketahui merek-merek terkenal ini untuk tau harga jual power bank di pasaran. Semakin banyak merek menjual power bank di pasaran maka semakin bersaing harganya sehingga ramah dengan kantong kita.

Selain tips tersebut ada satu hal yang paling penting dalam membeli power bank yaitu berhati-hati ketika membeli power bank melalui toko online. Pastikan toko online tersebut bukan penipu ya, Mercholic. Salah satu toko yang bisa dipercaya untuk membeli power bank adalah Merchandiso. Yuk, segera kunjungi web merchandiso.com dan beli power bank yang terbaik!