Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan di Perusahaan

Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan di Perusahaan 

Setiap pemilik bisnis harus mengetahui bagaimana cara meningkatkan loyalitas karyawan di perusahaannya masing-masing. Sebab, kesuksesan suatu perusahaan tak lepas dari para karyawan yang sudah bekerja keras dan loyal terhadap perusahaan itu sendiri. Bahkan, mereka bersedia untuk lembur hingga menerima gaji pas-pasan.

Dibalik loyalitas yang dimiliki karyawan, pasti ada suatu kondisi yang membuat karyawan tetap bertahan bekerja. Namun, jika perusahaan tidak mampu mempertahankan para tenaga kerjanya, maka akan kehilangan potensi dari pekerja terbaik mereka.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara meningkatkan loyalitas karyawan agar tetap bersedia bekerja di perusahaan Anda.

Begini Cara Meningkatkan Loyalitas Karyawan di Perusahaan

Berikut beberapa cara meningkatkan loyalitas karyawan yang bisa Anda lakukan di perusahaan.

  1. Ciptakan Manajemen SDM yang Baik

Manajemen SDM menjadi salah satu wajah penting yang terdapat pada suatu perusahaan. Jika manajemen SDM perusahaan buruk, maka satu persatu karyawan akan mengundurkan diri daripada bertahan di perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, kualitas dari manajemen SDM mesti diperhatikan dengan baik. Pastikan departemen tersebut memberikan hak yang harus didapatkan oleh karyawan, seperti memberikan pelatihan untuk skill yang karyawan miliki. 

Sehingga, para karyawan bisa selalu upgrade kemampuannya dan meningkatkan skill yang dimilikinya dengan baik. Kalau tidak begitu, karyawan akan mudah bosan karena merasa dirinya tidak berkembang dan memilih untuk resign, lalu mencari perusahaan baru.

  1. Ciptakan Lingkungan Kerja yang Kondusif

Cara meningkatkan loyalitas karyawan berikutnya bisa Anda lakukan dengan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan mendukung. Tentunya, kondusif lingkungan kerja dapat dipengaruhi oleh banyak hal, seperti fasilitas yang mendukung, lingkungan serta budaya kerja yang nyaman.

Dengan lingkungan kerja yang kondusif secara optimal, para karyawan akan measa senang dan bisa bekerja dengan maksimal. Bahkan, mereka pun tidak ingin resign dari perusahaan karena memberikan fasilitas terbaik sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.

  1. Hindari Micromanagement

Micromanagement merupakan gaya management dimana manager atau pengawas memberikan pengawasan yang terlalu berlebihan terhadap hasil kerja para karyawan. Gaya management ini bisa membuat karyawan merasa tidak nyaman. Sebab, manager seolah tidak mempercayai hasil kerja karyawan yang sudah dilakukan dengan kerja keras.

Praktik micromanagement menunjukkan rendahnya pemberdayaan terhadap para tenaga kerja hingga level kepuasan kerja. Namun, jika Anda bisa menghindari adanya micromanagement dalam perusahaan, maka akan terbangun rasa saling percaya antara karyawan dan perusahaan. Sehingga, karyawan dapat bekerja dengan nyaman dan loyal terhadap perusahaan.

  1. Memberikan Jenjang Karir yang Jelas

Setiap orang pasti menginginkan jenjang karir yang cemerlang agar bisa naik ke posisi yang lebih baik. Cara meningkatkan loyalitas karyawan ini dapat Anda lakukan, sehingga karyawan tetap bertahan di perusahaan Anda, supaya bisa memiliki jenjang karir jelas.

Anda dapat memberikan informasi yang jelas terkait jenjang karir di perusahaan. Hal ini akan membuat para karyawan termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Ketika mereka dapat bekerja dengan baik, lalu mendapatkan posisi kerja yang lebih baik, maka perusahaan pun akan semakin berkembang dengan pesat berkat bantuan para pekerja yang sudah bekerja keras.

Hal ini menjadi cukup menguntungkan untuk kedua belah pihak, jadi tak ada salahnya Anda mencoba cara tersebut.

  1. Berikan Apresiasi dan Pengakuan

Jika para karyawan yang sudah bekerja keras hingga lembur tidak memberikan apresiasi atau pengakuan atas kerja kerasnya, tentu mereka tidak akan betah berlama-lama di perusahaan, ‘kan? Ini menjadi salah satu kenapa karyawan memutuskan untuk resign karena lingkungan kerja yang tidak baik bagi mereka sendiri, baik secara fisik maupun mental.

Oleh karena itu, memberikan apresiasi dan pengakuan atas kerja keras karyawan menjadi hal penting untuk Anda lakukan. Perusahaan yang baik tentu mengetahui bagaimana cara memberikan apresiasi, sehingga karyawan menjadi semakin loyal dengan perusahaan.

Anda dapat memberikan apresiasi berupa bonus atau insentif tambahan. Selain itu, berikan pula pengakuan sosial agar karyawan semakin percaya diri atas hasil kerja mereka.

  1. Membuat Kotak Saran

Cara meningkatkan loyalitas karyawan bisa Anda lakukan dengan membuat kotak saran. Kemudian meminta seluruh karyawan untuk memasukkan pendapatnya terhadap perusahaan ke dalam kotak saran.

Melalui kotak saran, karyawan dapat memberikan ide terkait masalah yang tengah dihadapi oleh perusahaan. Sehingga, karyawan akan merasa dihargai karena pendapat mereka dibaca oleh perusahaannya.

Dengan begitu, para karyawan akan merasa senang sudah bekerja dan tidak akan resign dari perusahaan Anda. Hal ini sudah pasti karena karyawan telah menunjukkan loyalitasnya terhadap perusahaan tersebut.

  1. Keseimbangan Antara Dunia Kerja dan Keluarga

Sebagai pemilik perusahaan, Anda harus bisa memberikan keseimbangan antara dunia kerja dan keluarga para karyawan. Jangan sampai membuat karyawan terlalu sibuk bekerja hingga lembur dan melupakan keluarganya di rumah. 

Anda harus mendorong karyawan untuk bisa tetap menikmati waktu mereka bersama keluarga di rumah. Sebab, jika hubungan karyawan dengan keluarganya berjalan baik, maka kinerja kerja di perusahaan pun akan bagus. 

Walau tujuan seseorang bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan keluarga, namun bukan berarti mereka jadi tidak memiliki waktu bersama keluarganya sendiri. Dengan bekerja secara seimbang, maka perusahaan pun bisa mendapatkan loyalitas dari para karyawannya.

  1. Berikan Reward Berupa Souvenir Kantor

Selain memberikan reward dalam bentuk intensif, Anda bisa juga memberikan reward berupa souvenir kantor eksklusif. Tentu saja, karyawan pasti akan senang, apalagi souvenir yang diberikan bisa bermanfaat untuk sehari-hari.

Beberapa souvenir kantor yang bisa meningkatkan loyalitas karyawan adalah tumbler custom, tas totebag, jam kerja, gift set dan masih banyak lagi. Anda bebas memilih jenis souvenir kantor sesuai dengan kepribadian karyawan yang ada di perusahaan.

Pemberian souvenir kantor bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu, seperti saat memberikan apresiasi setelah karyawan berhasil melakukan tugas dengan baik, akhir tahun, awal tahun, hari raya dan hari-hari lainnya.

Pilih Souvenir Kantor Terbaik Hanya di Merchandiso

Apabila Anda ingin memberikan souvenir kantor terbaik kepada para karyawan yang sudah loyal dan bekerja keras untuk perusahaan, maka bisa mulai mencarinya hanya di Merchandiso.

Ada banyak souvenir kantor yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dengan harga terjangkau. Tentunya, Anda dapat melakukan custom terhadap souvenir kantor yang dipilih. Biasanya, desain yang cocok untuk souvenir kantor berupa penambahan logo maupun nama perusahaan.

Pilih bahan dan warna yang disukai semua kalangan untuk souvenir kantor Anda. Sehingga, karyawan yang menerimanya akan senang dan menjaga souvenir pemberian dari perusahaan dengan sebaik mungkin.

Itulah beberapa cara meningkatkan loyalitas karyawan yang bisa Anda lakukan dengan tepat. Anda dapat melakukan hal ini melalui souvenir kantor yang berkualitas tinggi. Karyawan pun akan semakin loyal dan tidak ada pikiran untuk resign dari perusahaan Anda. Jika tertarik membuat souvenir kantor untuk meningkatkan loyalitas karyawan, Anda bisa langsung hubungi Merchandiso sekarang!

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Merchandiso.com
Logo
Enable registration in settings - general
Compare items
  • Total (0)
Compare
0
Hubungi kami