Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

mberikan Souvenir Kantor Ini Perlu Diperhatikan

Etika Memberikan Souvenir Kantor Ini Perlu Diperhatikan

Perusahaan perlu mencari ide kreatif perihal cara berpromosi paling efektif. Tidak jarang beberapa coba buat souvenir kantor untuk aktivitas tersebut. Sebenarnya banyak tujuan lain dari pembuatan souvenir kantor. Apa pun tujuannya, Anda dari sisi perusahaan harus tahu etika memberikan souvenir kantor, sehingga tidak sembarangan.

Tujuan pemberian souvenir kantor oleh perusahaan apa saja? Bukan hanya untuk berpromosi saja, tapi jauh lebih luas. Mulai dari untuk branding, membangun citra perusahaan yang lebih baik, hingga membina hubungan terbaik dengan para klien. 

Dari fungsinya yang sebanyak itu, tentu saja Anda tidak boleh sembarangan saat memutuskan untuk memberikan souvenir kantor. Setidaknya dengan begitu tujuan Anda bisa tercapai. Apa saja etika memberikan souvenir kantor yang perlu Anda perhatikan? Perhatikan saja semua penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Pertimbangkan Tujuan Promosi

Sudah sedikit dibahas tadi jika pemberian souvenir kantor sebetulnya punya banyak tujuan, bukan hanya untuk media promosi saja. Oleh sebab itu, sebelum mulai memberi pikirkan dulu tujuan Anda itu apa? Contohnya memberikan souvenir untuk berpromosi, menjaga hubungan baik dengan klien, atau sengaja untuk meningkatkan penjualan.

Jangan salah, menentukan tujuan dulu seperti itu akan berdampak pada hal-hal lain. Misalnya akan berpengaruh pada kemudahan dalam pemilihan produk souvenir yang tepat. Biasanya, Anda pasti merasa bingung bukan saat harus menentukan barang souvenir apa yang cocok untuk diberikan pada orang-orang? Anda bisa pertimbangkan berdasarkan tujuan Anda membuat souvenir kantor itu sendiri.

Pilih Barang Yang Wajar Diberikan

Masalah menentukan produk souvenir kantor apa yang akan diberikan itu bukan merupakan perkaran mudah. Tidak jarang perusahaan harus berpikir lama sekali untuk memilih barang yang cocok. Selain Anda dapat menentukan barangnya berdasarkan tujuan, jangan lupa untuk perhatikan harga barang itu sendiri.

Misalnya begini, Anda pilih produk souvenir kantor dengan harga yang terlalu mahal. Pernahkan Anda berpikir jika mereka yang akan menerimanya akan mengira itu adalah pesan negatif? Terkait suap contohnya atau hal lainnya? Tentu Anda tidak mau bukan kalau sampai penerima souvenir kantor Anda akan berpikir demikian?

Apalagi, souvenir kantor dengan harga terlalu mahal berpotensi merugikan perusahaan. Dana yang dibutuhkan tentu tidak sedikit. Tapi, Anda juga tidak boleh memberikan barang souvenir kantor yang terlalu murah sampai tidak peduli dengan kualitasnya. 

Memberikan souvenir kantor yang terlalu murah akan memberikan kesan perusahaan Anda tidak professional. Citra perusahaan Anda mungkin akan jatuh terpuruk dan produk perusahaan jadi kurang dipercaya. Jadi, tidak ada salahnya untuk memperhitungkan harga barang ketika memilih jenis souvenir kantor. 

Buat Daftar Khusus

Anda juga tidak boleh lupa tentang salah satu etika memberikan souvenir kantor yang satu ini. Biasanya, bagaimana cara Anda membagikan souvenir kantor? Apakah asal saja atau bagaimana? Kalau masih pakai cara yang ini, sebaiknya jangan lagi dilakukan. Pasalnya, dengan memberikan acak dan asal, beberapa pihak yang seharusnya penting untuk menerima bisa jadi terlewat.

Mulailah dengan buat daftar, isinya tentang siapa saja orang-orang yang harus dapat souvenir kantor tersebut. Daftar tersebut dibuat berdasarkan tujuan pembuatan souvenir kantor. Hal seperti ini tetap ada tujuannya. 

Selain untuk memastikan souvenir kantor tadi tepat sasaran, Anda jadi lebih mudah melakukan kontrol. Sehingga tujuan bisa tercapai secara optimal dan selalu berada di jalur yang sesuai. Bahkan, daftar tersebut juga akan meminimalkan adanya masalah terkait penerima souvenir dan lain-lain.

Pahami Aturan Souvenir Untuk Klien

Bagi Anda yang selama ini belum tahu, dalam pemberikan souvenir kantor sebetulnya ada aturan tertentu. Sebagai perusahaan Anda perlu paham tentang aturan tersebut. Hal tersebut penting karena akan kembali pada Anda sendiri.

Bagaimana pun juga, paham tentang aturan akan menghindarkan Anda untuk dicurigai telah melakukan hal negatif misalnya menyuap. Paham aturan pun dapat meminimalisir resiko Anda melanggar ketentuan pekerjaan klien. Dengan begitu, dapat lebih aman saat ingin memberikan souvenir kantor sebagai langkah promosi halus.

Dapat Memberikan Pesan Pada Penerima

Hal tersebut juga termasuk etika memberikan souvenir kantor. Maksud dari poin tersebut adalah pemilihan barang souvenir kantornya nanti harus bisa memberikan pesan khusus untuk penerima. Contohnya seperti perusahaan gym center pastinya menyasar target orang-orang yang peduli kesehatan atau suka olahraga. 

Maka, pemilihan barang souvenir kantor harus erat berkaitan dengan keseharian orang tersebut. Setelah dipertimbangkan, barang cocok adalah tumbler atau tempat air minum. Alasannya karena orang yang sangat peduli dengan kesehatan biasanya akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. 

Sehingga, dalam kesehariannya pasti butuh wadah tempat menyimpan air minum. Pada souvenir tersebut akan diberikan logo perusahaan gym. Nanti, para penerima akan menggunakan tumblernya dalam keseharian. Secara tidak sadar penerima souvenir akan berpikiran jika perusahaan gym tersebut sangat peduli dengan kesehatan. Jadi kalau mau sehat, harus kesana dulu.

Cara Pemberian Yang Tepat

Tidak ketinggalan, Anda pun harus perhatikan tentang salah satu etika memberikan souvenir kantor yang satu ini. Bagaimana pun juga, cara pemberian souvenir kantor akan berpengaruh pada keberhasilan pencapai tujuan. 

Anda harus memberikan souvenir kantor secara professional misalnya menunggu ada event khusus, sehingga tidak bisa sembarangan. Langkah ini dimaksudkan untuk menjaga citra perusahaan Anda di mata klien dan konsumen. Selain itu, ada baiknya hindari memberikan barang dengan kesan yang terlalu personal. 

Pasalnya, hal ini akan mempengaruhi pertimbangan orang lain terhadap perusahaan Anda. Jadi Anda harus berhati-hati lagi. Perhatikan terlebih dahulu etika bisnis yang ada. Sehingga, di masa depan tidak akan terjadi masalah lebih lanjut. 

Waktu-Waktu yang Tepat Memberikan Souvenir Kantor

Anda harus tahu waktu-waktu yang paling direkomendasikan untuk memberikan souvenir kantor. Jadi, jangan sampai salah dan asal saja. Waktu-waktu bagi-bagi souvenir paling tepat adalah sebagai berikut:

  • Saat pertama kali mulai hubungan, yaitu moment terbaik untuk menjalin relasi dengan klien. Souvenir kantor nanti akan memberikan kesan tertentu di mata kline. Contohnya seperti saat pendaftaran, pembukaan toko, dan lainnya.
  • Ketika ingin menjaga kedekatan, souvenir kantor bisa diberikan pada relasi. Contohnya perusahaan induk yang ingin memberikan souvenir pada seluruh manajer.
  • Saat ingin berpromosi, bisa dikatakan moment terpenting. Misalnya supermarket yang akan memberikan souvenir buat pelanggan setelah berbelanja lebih dari Rp200.000,- dan seterusnya. 
  • Menjadi sponsor pada sebuah event. Perusahaan dapat membagikan souvenir kantor saat moment tersebut. Seperti saat ada seminar, konser, pameran, dan lainnya. 
  • Perayaan hari besar juga saat tepat buat perusahaan membagikan souvenir kantor. Biasanya, tujuan memberikan souvenir kantor pada saat tersebut adalah untuk menjaga hubungan baik. Contohnya saat idul fitri, perusahaan dapat memberikan souvenir dengan tema hari raya tersebut untuk konsumen muslim, dan sebagainya.

Itu dia tadi etika memberikan souvenir kantor yang perlu Anda ketahui. Jika sudah memahaminya, silahkan pesan souvenir kantor terbaik pada vendor terpercaya seperti Merchandiso.

Merchandiso.com
Logo
Enable registration in settings - general
Compare items
  • Total (0)
Compare
0
Hubungi kami