Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

Tips Merawat dan Cara Membersihkan Souvenir Kayu

Tips Merawat dan Cara Membersihkan Souvenir Kayu

Tips Merawat Souvenir Kayu

Anda penasaran bagaimana cara merawat souvenir kayu supaya awet dan tetap berkualitas? Sebagai informasi saja, merawat souvenir dari bahan kayu sama sekali tidak boleh sembarangan. Kayu adalah bahan alami, sehingga langkah perawatannya juga tidak sama dengan bahan sintetis lainnya. 

Berikut tips merawat souvenir kayu yang bisa Anda terapkan. 

  • Simpan Pada Tempat Khusus

Tips merawat souvenir kayu yang pertama adalah usahakan untuk selalu menyimpan di tempat khusus. Jangan menaruhnya bersama dengan barang berat, karena beresiko tertimpa atau tertindih dan menjadi rusak.

Jika Anda mempunyai souvenir kayu berupa patung atau pahatan lebih bagus diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga saja. Alternatif tempat penyimpanan bisa buffet atau lemari kaca karena lebih aman. Bisa juga dengan membuat rak khusus dengan tampilan estetik dan ditempelkan pada dinding.

  • Jangan Diletakkan di Tempat Lembab

Perhatikan juga di mana Anda meletakkan souvenir kayu tersebut. Apabila masih dipajang pada tempat lembab, maka segera pindahkan. Pasalnya kelembapan udara dapat mempengaruhi kualitas souvenir kayu tersebut dalam jangka waktu lama.

Udara lembab dapat memancing munculnya jamur atau serangga yang justru membahayakan kayu. Biasanya, begitu terkena jamur atau serangga kayu akan mudah lapuk dan rusak. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk meletakkan souvenir kayu di tempat yang kondisinya kering saja.

  • Jangan Sampai Terkena Panas Secara Langsung

Meletakkan souvenir kayu di tempat kering tidak lantas harus berada di lingkungan yang panas juga. Seperti tempat yang selalu terkena sinar matahari langsung. Hal itu justru akan menurunkan kualitas bahan kayu itu sendiri.

Semua barang dari kayu jika terkena hawa panas baik itu dari paparan sinar matahari maupun uap panas dari magic com sekalipun akan berpotensi rusak. Paparan panas yang mengenai kayu secara terus menerus bisa membuat kayu jadi kering dan keriput.

Bahkan tidak jarang, souvenir kayu retak apabila proses finishing yang dilakukan kurang mumpuni. Jadi, jangan lupa untuk meletakkan souvenir pada tempat yang memiliki suhu normal saja. Bebas dari pancaran hawa panas secara langsung.

Cara Membersihkan Souvenir Kayu

Tidak kalah penting dengan langkah perawatannya. Anda juga harus tahu bagaimana cara membersihkan souvenir kayu dengan benar. Membersihkan souvenir dari bahan kayu tentu tidak sama dengan bahan lain. Inilah cara membersihkan souvenir bahan kayu yang bisa Anda coba. 

  • Bersihkan Secara Berkala

Sebagai langkah pertama adalah Anda harus memastikan untuk membersihkan souvenir kayu secara berkala. Pasalnya, pembersihan secara rutin seperti ini akan membuat pajangan terlihat enak dipandang mata. Apakah Anda merasa souvenir kayu sudah diletakkan di lemari kaca tertutup sudah pasti bersih?

Jangan salah, karena walaupun sudah dimasukkan dalam tempat tertutup pun, souvenir kayu tetap berpotensi terkena noda seperti debu-debu tipis. Sayangnya, debu tips tersebut biasanya yang akan merusak pandangan.

Pada dasarnya, Anda bisa membersihkan souvenir kayu dengan menggunakan kain lap dari katun saja. Hanya saja, tidak jarang debu-debu atau kotoran yang menempel tadi tidak bisa langsung hilang dengan mudah. Misalnya kotoran di bagian lekukan atau celah ukiran yang sempit. Anda bisa membersihkan bagian itu dengan sikat gigi halus atau yang berukuran kecil.

  • Segera Keringkan Noda Air

Bagi Anda yang tidak menempatkan souvenir kayu pada tempat tertutup, maka bukan hanya kotoran dan debu kecil yang menempel. Bukan tidak mungkin tetesan atau percikan air juga akan mengenai produk souvenir kayu Anda.

Percikan air pada souvenir kayu akan meninggalkan noda yang sulit dibersihkan jika Anda terlalu lama mengabaikannya. Bagaimana cara membersihkan souvenir kayu dari noda air seperti ini? Anda bisa menggunakan campuran baking soda dan pasta gigi. Selain itu Anda pun bisa memanfaatkan campuran minyak goreng dan abu.

Gosokkan campuran tersebut pakai lap kain lembut pada permukaan souvenir kayu yang terkena noda. Untuk ukuran campuran yang digunakan cukup sedikit saja. Anda bisa menggunakan campuran sebesar jari lalu usap dengan kain lembut secara perlahan.

  • Gunakan Bahan Pembersihkan Khusus

Cara membersihkan souvenir kayu berikutnya adalah menggunakan bahan pembersih khusus. Anda bisa membelinya di toko yang menjual bahan pembersih atau cairan pelapis kayu. Dengan cairan seperti ini, akan membuat souvenir kayu menjadi tetap mengkilap setelah dibersihkan.

Jika tidak mau menggunakan bahan kimia, Anda bisa sebetulnya dapat membuatnya sendiri. Contohnya seperti memakai seduhan teh yang kental, karena bisa membuat hasil warna souvenir kayu jadi makin berkilau maksimal.

Jangan sekali-kali Anda menggunakan bahan pembersih korosif. Bahan seperti ini justru akan berpotensi merusak bahan kayu. Sekali saja menetes pada kayu maka langsung menimbulkan noda bercak dan sulit dihilangkan. Bahkan, bahan kimia korosif dapat menghilangkan lapisan pernis yang sebelumnya sudah ada di permukaan souvenir kayu tersebut.

  • Hindari Menggunakan Kain Kasar

Untuk langkah membersihkan kotoran dan noda pada souvenir kayu, pasti Anda menggunakan lap atau kain bukan? Dalam hal ini perhatikan kain yang Anda pilih. Jangan sampai memakai kain dengan permukaan kasar.

Pasalnya, permukaan souvenir kayu bukannya bersih justru beresiko menimbulkan goresan yang tak enak dipandang. Pilih kain pembersih atau lap yang lembut dan kering. Pastikan juga lap tersebut dalam kondisi bersih.

Demikian tadi tips merawat dan cara membersihkan souvenir kayu seperti plakat, ukiran, patung dan lain-lain. Souvenir bahan kayu memang terlihat eksklusif. Jadi bisa menjadi pilihan Anda jika mau membuat produk souvenir. Anda tinggal pesan saja pada vendor souvenir berkualitas seperti Merchandiso. Sebab sudah terbukti terpercaya dan berkualitas.

Merchandiso.com
Logo
Enable registration in settings - general
Compare items
  • Total (0)
Compare
0
Hubungi kami