Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

Cara Bikin Kemeja Tidak Kusut

Cara Bikin Kemeja Nggak Kusut

Beberapa dari Mercholic pasti ada nih penyuka kemeja. Kemanapun pergi selalu pake kemeja. Koleksi baju paling banyak pasti kemeja. Kemeja emang keren banget kalau dipake baik Mercholic yang laki-laki maupun perempuan. Tren kemeja sekarang juga beragam, dari motif polosan, kotak-kotak, sampai batik yang khas banget sama negara tercinta kita, Indonesia. Tapi pernah nggak sih Mercholic kesusahan untuk mengatasi meja yang kusut?

Meskipun terlihat elegan dan keren, kalau yang dipake adalah kemeja kusut bakal menurunkan kegantengan dan kecantikan kita. Selain itu, kita juga jadi terlihat nggak rapi kalau kemejanya kusut. Sebenernya, apa sih yang bikin kemeja kita kusut?

Penyebab kemeja kusut

  • Abis dicuci

Setelah dicuci, pakaian biasanya menjadi kusut dan tidak rapi. Ternyata hal ini disebabkan oleh 2 faktor yakni suhu panas dan air. Setiap pakaian memiliki jenis bahan yang berbeda. Bahan-bahan ini juga memiliki reaksi yang berbeda pada panas dan air. Ada beberapa bahan yang perlu disetrika setelah dicuci, ada pula yang nggak disetrika. Hal ini berlaku juga di kemeja yang abis dicuci.

  • Lupa mengibas pakaian

Mengibas pakaian yang telah dikeringkan bisa membuat pakaian lebih rapi lho. Sebab setelah dikibas, bagian-bagian pakaian tidak menempel satu sama lain. Mengibas kemeja bakal memudahkan kita juga ketika menyetrika kemeja.

  • Dibiarkan basah terlalu lama

Faktor selain panas yang dijelaskan tadi adalah air. Salah satu penyebab bikin kemeja kusut adalah air yang masih ada pada kemeja. Kadang-kadang kita lupa untuk segera menjemur kemeja yang sudah dicuci. Padahal jika terlalu lama dibiarkan, air akan menyerap di serat bahan dan kemeja bakal jadi kaku.

  • Penyimpanan pakaian belum sesuai

Ternyata menyimpan pakaian juga ada aturannya lho, Mercholic. Perhatikan jenis bahan yang berbeda pada setiap pakaian. Untuk kemeja dengan bahan yang tipis dan licin sebaiknya kemeja disimpan dengan cara digantung.

  • Dilipat dengan cara yang kurang tepat

Untuk Mercholic yang hobi melipat pakaian, kebiasaan ini perlu dikurangi saat menyimpan kemeja. Sebab melipatnya akan menimbulkan garis yang tidak rapi pada kemeja. Jika kemeja akan segera dipakai sebaiknya disetrika dulu dan digantung supaya rapi.

  • Lemari pakaian terlalu penuh

Pakaian yang disimpan di lemari sebaiknya jangan sampai kepenuhan ya, Mercholic. Sebab pakaian yang terlalu berhimpitan akan menyebabkan kemeja kusut. Ketika mengambil gantungan baju lain pun, kemeja bisa tertarik bahkan jatuh. Hal ini menyebabkan kemeja jadi nggak rapi lagi.

  • Kemeja diletakkan terlalu jauh

Jika kemeja berada di tumpukan yang susah dijangkau, kemeja bakal kusut jika ditarik kuat dari tumpukan baju tersebut. Nggak cuma kemejanya, pakaian lain juga jadi berantakan dan ikut kusut. Pastikan Mercholic simpan kemeja yang mudah untuk diraih.

Untuk menghindari kemeja yang kusut, kita perlu tau juga macam-macam bahan yang digunakan dalam membuat kemeja. Bahan-bahan ini bakal memengaruhi kusut atau nggaknya kemeja pas dicuci atau disetrika.

Macam-macam bahan kemeja

  • Katun Bangkok

Bahan kemeja dengan katun Bangkok ini punya tekstur yang sedikit kasar, tipis, dan kadang-kadang transparan. Biasanya katun Bangkok digunakan untuk kemeja atau blouse cewek.

  • Katun satin Jepang

Katun satin Jepang ini emang sesuai banget sama namanya karena dateng langsung dari negeri sakura, Jepang. Kemeja jenis katun satin Jepang punya tekstur yang lebih sejuk dan lembut.

  • Katun rayon

Bahan katun rayon ini punya tekstur yang lebih licin sehingga kemeja bakal lebih ringan. Pas dipake pun juga terasa lebih dingin dan bisa menyerap keringat kita. Kemeja dengan bahan katun rayon bikin kemeja nggak gampang melar dan kusut.

  • Katun sutra

Kemeja yang terbuat dari katun sutra ini punya tekstur yang halus, licin, dan mengkilap. Katun sutra ini lebih nggak kusut dari bahan-bahan lainnya. Tapi karena kualitas bahannya yang bagus, harganya juga “bagus banget.”

  • Denim

Biasanya kemeja dengan bahan denim ini paling banyak digunakan orang-orang. Bahan denim emang keren banget pas dipake sebagai kemeja. Meskipun denim ini juga digunakan untuk jeans dan jaket, kemeja denim memiliki bahan yang lebih tipis. Makanya kenapa kemeja denim nyaman untuk dipake kapan aja.

  • Flanel

Bahan flanel ini sebenernya kurang cocok kalau dijadikan kemeja. Sebab bahan flanel ini bakal lebih bikin kita gerah pas memakainya. Tapi kalau sebagai luaran, kemeja flanel jadi keren banget pas dipake.

  • Drill

Kain drill ini disebut juga dengan kain polyester. Kain drill yang tipis biasa digunakan untuk membuat kemeja. Kain ini punya tekstur yang tebal. Oleh sebab itu, kemeja drill lebih banyak digunakan di negara dengan kondisi yang dingin seperti Amerika atau Jepang.

  • Kain akrilik

Kemeja dengan kain akrilik ini biasanya digunakan untuk kemeja cowok. Teksturnya lembut dan kadang lebih banyak bulunya. Bulu-bulu ini bikin proses nyucinya jadi lebih lama. Kain akrilik biasanya digabung dengan bahan kulit untuk jadi kemeja cowok yang keren.

  • Kain chambray

Kain chambray punya tampilan yang sekilas mirip dengan bahan denim. Tapi kain chambray ini lebih halus dan lembut. Mercholic bakal merasa nyaman banget pas pake kemeja berbahan kain chambray ini. Kemeja chambray cocok banget buat Mercholic yang tinggal di daerah panas.

Biasanya setelah kemeja dikeringkan, kita bakal setrika kemeja tersebut supaya nggak kusut. Tapi kadang ada aja kemeja yang masih kusut meskipun udah disetrika. Ada beberapa cara nih untuk bikin kemeja nggak kusut lagi.

Cara bikin kemeja nggak kusut

  • Pake pengering rambut

Ternyata pengering rambut ini bisa lho dipake untuk bikin kemeja nggak kusut. Caranya gantung kemeja dan arahkan pengering rambut ke bagian yang kusut. Pastikan jarak antara kemeja dengan pengering rambut nggak terlalu dekat supaya nggak kebakar.

  • Gunakan catokan rambut

Alat-alat rambut ini emang berguna ya. Selain pengering rambut, catokan rambut juga bisa bikin kemeja nggak kusut. Cara pakenya hampir sama dengan setrika. Bedanya, kita hanya perlu menjepit bagian yang kusut dengan catokan rambut tersebut. Jangan lama-lama juga jepitnya supaya kemeja nggak gosong.

  • Gantung dan semprot dengan air

Mercholic bisa gantung kemeja dan semprot bagian kusutnya dengan air. Biarkan bagian tersebut kering. Kemeja bakal rapi dengan sendirinya setelah kering.

  • Taruh di bawah kasur

Kalau Mercholic lagi mager alias males gerak, taruh kemeja di bawah kasur juga bisa bikin kemeja nggak kusut lho. Buka kemeja serapi mungkin tanpa adanya lipatan dan taruh kemeja di bawah kasur. Mercholic tinggal tidur sampe besok pagi dan kemeja bakal rapi deh.

Itulah beberapa cara bikin kemeja nggak kusut. Mercholic bisa coba salah satu atau semua cara-cara tersebut khususnya pas lagi keburu-buru untuk pergi pake kemeja. Jangan lupa kalau merchandiso.com punya banyak pilihan untuk kemeja yang cocok buat Mercholic. Langsung cari di merchandiso.com ya!

Tags:

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Hubungi kami