Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

Cara Menghilangkan Kusut Pada Kemeja

Cara Menghilangkan Kusut Pada Kemeja

Pastinya banyak dari Mercholic yang menyukai kemeja. Selalu memakai kemeja kemanapun kalian pergi. Kemeja memang sangat digunakan oleh laki-laki ataupun perempuan. Pada saat ini, kemeja sudah sangat beragam, mulai dari kemeja polos, motif kotak, hingga bermotif batik khas Indonesia. Untuk kalian yang pernah terganggu karena kemeja yang kusut, kalian perlu membaca artikel ini sampai akhir, karena kami akan memberikan beberapa cara untuk menghilangkan kusut pada kemeja!

Apabila Mercholic mengenakan kemeja yang kusut, tentu akan mengurangi kerapihan juga kekerenan yang kalian miliki. Kita juga akan terlihat lusuh dan berantakan ketika memakai kemeja yang kusut. Sebenarnya, apa sih yang membuat kemeja kusut?

Penyebab kemeja menjadi kusut

  • Setelah dicuci

Biasanya setelah dicuci pakaian akan menjadi kusut dan tidak rapi. Hal ini dikarenakan suhu panas dan air. Setiap pakaian tentu mempunyai bahan yang berbeda-beda. Bahan yang berbeda tersebut, pasti memiliki reaksi yang berbeda pula. Ada bahan kemeja yang perlu disetrika setelah dicuci, ada pula yang tidak perlu disetrika.

  • Tidak mengibas pakaian

Mengibas pakaian akan membantu membuat pakaian menjadi lebih rapi. Dengan mengibas pakaian, bagian pada pakaian akan menjadi terlepas dan tidak menempel satu sama lain. Mengibas kemeja juda dapat memudahkan kalian saat menyetrika kemeja.

  • Dibiarkan basah terlalu lama

Selain factor suhu panas yang dijelaskan tado, air adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan kemeja menjadi kusut. Terkadang kita menunda menjemur pakaian hingga akhirnya kita melupakaian pakaian tersebut. Jika terus dibiarkan basah tanpa dijemur, kemeja akan menjadi kaku karena air dapat menyerap serat bahan. Jadi pastikan kalian langsung menjemur pakaian setelah dicuci.

  • Penyimpanan pakaian yang tidak sesuai

Menyimpan pakaian pun ada aturannya, lho. Kalian perlu memperhatikan jenis bahan pada setiap pakaian yang kalian miliki. Untuk kemeja yang berbahan tipis dan licin, lebih baik gantung kemeja tersebut bila ingin disimpan.

  • Salah dalam melipat

Bagi Mercholic yang gemar melipat pakaian, sebaiknya jangan lakukan itu pada kemeja ya. Karena apabila kalian melipat kemeja, dapat timbul garis pada kemeja. Sebaiknya kemeja disetrika dan langsung digantubg supaya rapi.

  • Lemari pakaian yang penuh

Jangan terlalu penuh apabila menyimpan pakaian dilemari. Apabila pakaian terlalu berhimpitan, kemeja bias menjadi kusut. Dan juga pada saat kalian mengambil baju yang lain, kemeja bias ikut tertarik dan terjatuh. Sehingga kemeja pun akan menjadi kusut.

  • Kemaja diletakkan ditempat yang sulit dijangkau

Kemeja akan menjadi kusut apabila ditarik dengan keras dari tumpukan baju, maka dari itu sebaiknya simpan kemeja ditempat yang mudah dijangkau sehingga tidak akan menimbulkan kesusahan saat akan mengambil kemeja tersebut.

Untuk menghindari kemeja kusut, kita perlu mengetahui bahan dari kemeja tersebut. Karena bahan-bahan ini mempengaruhi kemudahan kusut atau tidaknya kemeja.

Berbagai jenis bahan kemeja

  • Katun Bangkok

Tekstur bahan kemeja pada katun Bangkok cenderung sedikit kasar, tipis, dan terkadang transparan. Katun Bangkok biasa digunakan untuk bahan pembuatan blouse atau kemeja.

  • Katun satin Jepang

Sesuai namanya, katun ini memang berasal dari negri sakura, Jepang. Kemeja ini mempunyai tekstur yang lembut, halus, dan akan terasa sejuk apabila dikenakan.

  • Katun rayon

Bahan katun rayon bertekstur lebih licin dibandingkan dengan katun satin Jepang, dan juga akan lebih ringan ketika digunakan. Kemeja berbahan ini bias menyerap keringat yang kita keluarkan dan juga tidak akan mudah melar atau kusut.

  • Katun sutra

Halus, mengkilap, dan licin, begitulah tekstur pada katun sutra. Katun ini lebih tidak mudah kusut disbanding bahan-bahan lainnya. Dengan kualitas sebagus katun sutra ini, tentu harganya pun juga tentu ”bagus”.

  • Denim

Kemeja yang dibuat dari bahan denim adalah jenis kemeja yang paling banyak digunakan oleh orang-orang. Walaupun denim awalnya digunakan untuk bahan jeans dan jaket, bahan denim juga sangat keren apabila dipakai sebagai bahan dari kemeja. Denim kemeja memiliki bahan yang lebih tipis daibandingkan denim jeans atau jaket. Karena itulah kemeja denim nyaman untuk dikenakan kapan pun kamu mau tanpa mengkhawatirkan cuaca.

  • Flanel

Sebenarnya bahan flannel kurang cocok untuk dijadikan bahan kemeja. Karena bahan flannel yang agak tebal akan membuat kalian gerah dan kepanasan saat memakainya. Tapi, jika dijadikan sebagai outer, kemeja ini akan sangat cocok dan keren saat digunakan.

  • Drill

Kain drill biasa juga disebut sebagai kain polyester, kain ini mempunyai bahan yang tebal. Sehingga kemeja ini umumnya digunakan oleh orang yang mempunyai kondisi negara dingin seperti Amerika dan Jepang.

  • Kain akrilik

Biasanya laki-laki banyak yang menggunakan kemeja bahan kain akrilik. Tekstur kain ini lembut dan juga berbulu sehingga nyaman untuk digunakan. Biasanya kemeja yang menggunakan bahan akrilik digabungkan dengan bahan kulit dan jadilah kemeja cowok yang trendy.

  • Kain chambray

Kain chambray memang terlihat serupa dengan kain denim, tapi kain chambray lebih halus dan lembut daripada kain denim. Kemeja berbahan kain chambray akan sangat cocok untuk digunakan pada daerah atau cuaca yang panas.

Biasanya setelah baju kering, baju tersebut disetrika agar rapi dan tidak kusut. Tapi kadang masih ada kemeja yang kusut bahkan setelah disetrika. Kami kumpulkan beberapa cara supaya kemejamu tidak lagi kusut.

Cara bikin kemeja nggak kusut

  • Mengunakan pengering rambut

Untuk membuat kemeja lebih rapi, kalian bias mencoba menggunakan pengering rambut. Kalian perlu menggantung kemeja yang kalian ingin rapikan, lalu arahkan pengering rambut kebagian yang kusut. Jangan lupa untuk memastikan jarak antara kemaja dan pengering rambut tidak terlalu dekat, sehingga kemeja tidak akan kepanasan dan menimbulkan kebakaran.

  • Menggunakan catokan rambut

Selain pengering rambut, alat rambut ini juga dapat digunakan untuk merapikan kemeja kalian. Kalian hanya perlu menjepit bagian yang kusut dengan catokan rambut tersebut dan gerakan sedikit kearah bawah. Jangan terlalu lama menjepit kemeja supaya nantinya kemeja tersebut tidak akan gosong.

  • Gantung dan semprot menggunakan air

Cara ini sangat mudah untuk dicoba, kalian hanya perlu menggantung kemeja dan semprot bagian yang kusut menggunakan air. Biarkan bagian yang disemprot tadi kering dengan sendirinya, dan kemeja akan menjadi rapi.

  • Taruh di bawah kasur

Ada saatnya Mercholic terlalu lelah untuk merapikan atau menyetrika kemeja, menaruh kemeja dibawah Kasur juga bias jadi cara yang simple, lho. Lebarkan kemeja serapi yang kalian bisa tanpa ada lipatan sedikit pun, lalu taruhlah kemeja dibawah Kasur. Kalian dapat meninggalkannya tidur sampai besok pagi, dan kemeja pun siap untuk dikenakan.

Itu tadi adalah beberapa cara untuk membuat kemeja menjadi rapi dan tidak kusut lagi. Mercholic dapat mencoba semua cara diatas untuk merapikan kemeja yang kalian inginkan. Merchandiso.com punya banyak pilihan kemeja untuk Mercholic semua. Segera kunjungi website Merchandiso.com untuk info lebih lanjut ya! Kalian juga dapat mengunjungi Instagram merchandisoshop untuk melihat lihat barang lain yang kami miliki.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Hubungi kami