Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

Kenali Jenis-Jenis Kain Kemeja Agar Tak Salah Beli

Kenali Jenis-Jenis Kain Kemeja Agar Tak Salah Beli

Kemeja adalah salah satu jenis pakaian yang tidak pernah sepi peminat. Mulai dari yang polos sampai yang kotak-kotak, semua memiliki daya tariknya masing-masing. Dulu kalau mau beli kemeja, pasti kita datang ke toko pakaian atau butik lalu memilih sambil mencoba-coba di bilik ganti. Namun, dengan kecanggihan teknologi saat ini, sangat memungkinkan untuk membeli kemeja tanpa harus repot-repot keluar rumah. Pasti kalian sudah tak asing dengan keberadaan online shop, terutama buat kalian yang memang hobi belanja. Selain praktis, tak jarang mereka memberikan promo menarik agar pembeli tertarik melariskan barang dagangannya.

Tetapi, karena transaksi pembelian tidak dilakukan secara tatap muka langsung, kalian harus ekstra hati-hati saat belanja online, ya. Kalian wajib membaca deskripsi barang dengan teliti agar tidak salah membeli kemeja. Nanti niatnya mau beli kemeja yang berbahan tebal dan berukuran besar, yang datang malah kainnya tipis dan ngepas banget di badan. Selain jadi sia-sia, salah membeli kemeja juga bisa bikin mood jadi berantakan.

Sebelum kejadian di atas menimpa kalian, simak penjelasan jenis-jenis kain kemeja di bawah ini, yuk! Bagi yang sudah jadi korban juga boleh banget baca penjelasannya supaya kalian lebih mengerti jenis-jenis kain kemeja dan tak salah beli untuk kali kedua. Langsung saja ke jenis kain kemeja yang pertama.

·         Kain Katun

Jenis kain satu ini pasti tidak asing namanya di telinga kalian. Kain katun terbuat dari bahan dasar serat kapas dan dikenal memiliki tekstur yang nyaman saat dipakai. Selain itu, jenis kain ini tidak mudah kusut dan warnanya tidak luntur ketika dicuci. Sifatnya yang mudah menyerap keringat dan terasa dingin saat dipakai juga menjadikan katun sebagai salah satu jenis kain kemeja yang digemari oleh banyak orang.

Kain katun masih dibagi lagi ke dalam beberapa macam sesuai dengan jenis dan kualitas benang yang digunakan. Beberapa macam katun yang biasa dijadikan bahan dasar pembuatan kemeja antara lain, katun silk, katun rayon, katun linen, katun jepang, dan masih banyak lagi.

·         Kain Flanel

Jenis kain kedua ini juga tak kalah familiar dengan jenis kain sebelumnya. Kalian pasti dapat menemukan kemeja flanel dengan sangat mudah di pasaran karena banyak yang menyukai jenis kain satu ini. Kain flanel terbuat dari serat wol sehingga menghasilkan kain yang cenderung tebal dan terasa hangat ketika dikenakan. Selain itu tekstur dari kain flanel terasa halus dan nyaman saat disentuh. Untuk jenis kain satu ini cocok digunakan sebagai bahan pembuatan kemeja casual, terutama bagi pria.

·         Kain Drill

Jangan bayangkan drill yang digunakan untuk mengebor itu, ya. Ini salah satu jenis kain yang juga cukup sering digunakan dalam pembuatan kemeja. Kain drill terbuat dari campuran tetoron, rayon, dan polyester. Jenis kain ini akan terasa tebal dan sedikit kaku saat dipegang, namun juga terasa halus dan lembut di bagian permukaannya. Kain drill memiliki satu sifat yang mirip dengan kain katun, yaitu terasa dingin saat dikenakan. Jika kalian perhatikan baik-baik, kalian dapat pola diagonal yang terbentuk dari susunan benang sehingga menciptakan tekstur yang unik.

Kain drill biasa digunakan dalam pembuatan kemeja kerja atau baju safari. Sama seperti kain katun, jenis kain ini juga masih dibagi ke dalam beberapa macam, yaitu american drill, japan drill, dan local drill.

·         Kain Oxford

Kalau nama kain sebelumnya mirip dengan alat untuk mengebor, jenis kain satu ini namanya mirip dengan salah satu universitas ternama, ya. Mirip dengan jenis kain sebelumnya, kain oxford berbahan dasar katun yang dicampur dengan tetoron. Campuran kedua bahan tersebut menghasilkan jenis kain yang lebih tipis daripada kain drill. Ciri utama yang dapat diliat dari jenis kain ini adalah tekstur menyerupai titik-titik yang dihasilkan dari proses perajutan atau penyilangan dua benang pada saat proses pembuatannya.

Masih sama dengan jenis kain sebelumnya, kain oxford cocok digunakan dalam pembuatan kemeja kerja dan seragam sekolah. Salah satu jenis kain oxford yang sering dijumpai di Indonesia adalah jenis tropical atau taipan tropical yang kualitasnya mirip dengan jenis kain japan drill.

·         Kain Denim

Mungkin sebelum terkenal sebagai salah satu jenis kain kemeja, kain denim lebih dikenal sebagai bahan dasar pembuatan bawahan seperti rok atau celana. Jenis kain satu ini terbuat dari semacam katun twill, namun dengan tekstur yang terkesan lebih halus dan cenderung tipis. Walau begitu, kain denim tetap merupakan jenis kain yang cukup tebal. Sehingga, pengguna kemeja dengan jenis kain ini akan mudah merasa gerah ketika memakainya di cuaca yang panas. Sifat ini tentu menimbulkan ketidaknyaman tersendiri bagi penggunanya. Kain denim dapat dijadikan bahan dasar kemeja formal maupun casual. Seiring perkembangan zaman, kain denim tak hanya memiliki warna indigo saja, tetapi juga hadir dalam warna hitam, putih, dan abu-abu.

·         Kain Chambray

Jenis kain satu inni memiliki kemiripan dengan kain denim jika dilihat secara sekilas. Namun, apabila kalian coba menyentuhnya, kalian akan merasa bahwa kain chambray memiliki tekstur yang lebih halus dan lembut. Hal ini bisa terjadi karena jenis kain ini terbuat dari serat alami, seperti katun atau linen. Kelebihan lain jenis kain ini daripada kain denim adalah terasa sangat ringan ketika dikenakan. Disebut sebagai kain chambray dikarenakan sejarah terbentuknya kain ini disebutkan berasal dari salah satu daerah di Perancis yang bernama Cambrai. Selain digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kemeja, jenis kain ini juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tas. Membuat tas dengan menggunakan kain chambray akan memberikan kesan elegan dan mewah pada tas.

Nah, itu tadi jenis-jenis kain kemeja yang perlu kalian ketahui. Ternyata ada cukup banyak jenis-jenis kain kemeja, ya? Apakah kalian menjadi semakin mengerti dan dapat memilih jenis kain yang benar sebelum membeli atau memesan suatu model kemeja? Jika ya, kenapa tidak coba membuat satu di Merchandiso?

Jika kalian bertanya, “Mengapa harus di Merchandiso?”

Sudah tentu jawabannya, “Karena Merchandiso dapat memberikan kualitas terbaik bagi pesanan kalian.”

Kalian bisa menambahkan detail yang kalian inginkan pada kemeja yang dipesan. Mau pesan kemeja couple untuk pasangan? Atau kalian memiliki project organisasi yang mengharuskan mengenakan kemeja yang seragam? Atau bahkan hanya sekedar ingin membuat kenang-kenangan bersama teman sekelas sebelum perpisahan? Tenang, Merchandiso dapat membuat semuanya untuk kalian. Jangan khawatir soal harga karena prinsip kami selalu menyediakan kualitas terbaik sesuai dengan harga yang diberikan. Selain itu, akan ada promo menarik apabila kalian mengikuti kami di Instagram dan WhatsApp Merchandiso.

Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi kami untuk mewujudkan kemeja impian kalian!