Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

Jenis Pulpen Untuk Mercholic

Jenis Pulpen Untuk Mercholic

Pulpen, pena, atau bolpoin, siapa sih yang nggak tau benda ini? Pulpen tidak bisa lepas dari zaman sekarang karena pulpen masih digunakan untuk menulis oleh semua kalangan masyarakat. Dahulu, orang-orang menggunakan bulu dan tinta untuk menulis. Sekarang, bulu dan tinta itu disatukan dan jadilah pulpen. Pernah nggak sih Mercholic penasaran, kira-kira gimana ya pulpen bisa muncul?

Sejarah singkat pulpen

Pulpen dikembangkan oleh jurnalis asal Hungaria bernama Laszlo Biro pada tahun 1938. Pada awalnya, ia merasa bahwa tinta yang digunakan pada percetakan koran terlalu cepat mengering, mudah tumpah, dan dapat merobek kertas apabila bulu penanya terlalu tajam. Lalu Biro mencari cara supaya masalah ini dapat diatasi.

Biro mempunyai saudara laki-laki bernama George yang bekerja sebagai kimiawan. Mereka berdua mengembangkan pena dengan ujung yang berbentuk bola kecil. Bola kecil ini akan berputar dan mengambil tinta yang mengalir dibagian dalam pena. Karena bola inilah kata ballpoint pen yang kita kenal dengan bolpoin atau pulpen muncul. Pada tanggal 10 Juni 1943 rancangan ini dipatenkan di Argentina. Merek pertama dari temuan ini adalah merek Biome yang sampai sekarang masih dijual dipasaran.

Pulpen sangat populer dikalangan masyarakat. Karena orang-orang tidak perlu lagi kerepotan membawa pena bulu dan tinta secara terpisah. Jenis pulpen pun sudah bermacam-macam sekarang. Bahkan ada jenis pulpen antariksa. Pulpen antariksa ini pernah tidak sengaja booming karena digunakan untuk menyelamatkan para astronot pada misi pendaratan manusia pertama dibulan.

Berbagai jenis pulpen

Jenis pulpen memang sangat banyak. Jika satu toko bisa memiliki banyak jenis pulpen, bagaimana jika digabungkan dengan toko sedunia? Wah, pastinya sangat banyak ya. Namun diantara banyaknya jenis pulpen itu, ada 3 jenis pulpen yang cocok untuk semua kalangan nih. Kira-kira mana jenis pulpen yang cocok untuk Mercholic?

  • Ballpoint

Ballpoint merupakan jenis pulpen yang paling banyak digunakan, kita mengenalnya dengan sebutan pulpen. Jenis pulpen ini cocok digunakan untuk menulis, mengambar, dan lainnya. Sehingga tidak heran ballpoint ini sangat populer dan dapat digunakan oleh siapa saja. Di Indonesia, ballpoint memiliki tinta tebal yang tersimpan didalam sebuah pipa kecil dan bola besi sebagai tempat keluarnya tinta. Keuntungan dari jenis ballpoint ini adalah kita bisa menulis dengan halus. Namun bolpoint ini bisa kering dan bocor jika tidak dirawat dengan baik. Jika sudah sampai bocor, kertas bisa menjadi kotor karena tinta dari ballpoint ini.

  • Rollerball

Jenis pulpen satu ini mempunyai berbagai macam warna. Apabila Mercholic sering menggunakan pulpen dengan warna biru, merah, atau warna lainnya, kemungkinan jenis pulpennya adalah pulpen rollerball. Pulpen rollerball memiliki tinta yang bercampur dengan air (water based ink) dan juga bola yang lebih kecil dibandingkan jenis pulpen ballpoint. Pulpen ini sangat cocok untuk Mercholic yang tidak suka mengeluarkan tenaga untuk menulis. Karena pulpen jenis rollerball ini ringan saat digunakan. Namun, tulisan bisa menembus ke belakang kertas karena tintanya yang terlau cair. Tentunya hal ini akan merusak kertas

  • Pen

Jenis pen ini mempunyai keunikannya sendiri, tinta jenis pulpen ini dapat diisi ulang saat sudah habis. Isi ulang jenis pen ini menggunakan pipet khusus yang sesuai dengan garis tulisan yang Mercholic inginkan. Karena keunikannya ini, pen menjadi jenis pulpen yang paling mahal diantara jenis pulpen lainnya. Jenis pulpen ini biasanya digunakan untuk keperluan penting seperti tanda tangan kontrak, pertemuan resmi, dan sejenisnya.

  • Gel ink pens

Jenis pulpen ini memiliki tinta yang terbuat dari gel. Gel inilah yang membuat tinta mengering lebih lama daripada jenis pulpen lain. Karena itu, jenis pulpen gel ink tidak cocok saat digunakan untuk aktivitas yang banyak menulis. Jenis pulpen gel ink cocok untuk penulisan seni seperti typography atau kaligrafi. Jenis pulpen ini cocok bagi Mercholic yang gemar berkreasi dengan tulisan.

Setelah membaca jenis-jenis pulpen yang populer dikalangan masyarakat. Kalian perlu mengetahui jenis pulpen mana yang sekiranya cocok untuk Mercholic semua.

Cara memilih pulpen yang cocok

  • Perhatikan jenisnya
    Mayoritas orang memilih pulpen yang nyaman untuk digunakan menulis. Oleh karena itu, Mercholic perlu memilih jenis pulpen yang nyaman digunakan oleh kalian.
  • Tinta yang tidak ribet
    Tinta ribet yang kita bahas disini maksudnya adalah tinta yang sering macet atau tumpah. Tentunya tinta yang macet akan menghabiskan waktu untuk memperbaikinya. Kalau sering tumpah, kita akan kesulitan untuk membersihkan tintanya. Untuk mengatasinya, Mercholic bisa mencoba pulpen yang kalian ingin beli sebelum membelinya,
  • Pilih merek terkenal
    Pilihlah pulpen yang mereknya sudah terpercaya dan dikenal banyak orang. Namun, jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan pula. Jangan sampai kamu membeli pulpen dari merk terkenal tapi tidak pernah memakainya hanya karena tidak sesuai dengan kebutuhan.
  • Sesuaikan ukuran pulpen dengan tangan

Sebelum membeli pulpen, sebaiknya sesuaikan ukuran pulpen dengan tangan kalian. Jangan sampai karena kalian tidak mengecek ukuran pulpennya, kalian menjadi kesusahan dan tidak nyaman saat menulis. Jadi, jangan lupa untuk mencoba pulpen sebelum kalian beli supaya bisa menyesuaikan ukurannya juga sekaligus mengecek tintanya.

  • Liat penampilannya

Untuk menambah motivasi menulis, kalian bisa memilih desain atau model pulpen yang menurut kalian menarik. Apabila sudah menarik dan sesuai kebutuhan, Mercholic bisa langsung membeli pulpen tersebut. Tapi ingat fungsi utama pulpen adalah sebagai alat menulis, jangan sampai tinta yang ada didalam pupen tersebut menjadi sia-sia karna hanya dijadikan panjangan pada tempat pensil kalian.

Setelah kalian membeli pulpen yang cocok dengan kalian, kalian juga harus menjaga dan merawatnya. Ada beberapa tips untuk Mercholic dalam merawat pulpen nih!

Tips merawat pulpen
  • Bersihkan ujung pulpen dengan kain yang sudah diberi air hangat setelah selesai dipakai
  • Keringkan ujung pulpen menggunakan tisu atau kain halus.
  • Beri sedikit minyak sayur pada ujung pulpen sehingga pulpen tidak mudah karatan
  • Selalu ingat untuk menyimpan pulpen ditempat yang kering.
  • Jika tinta pada pulpen macet, Cobalah untuk menulis diatas penghapus atau sesuatu yang berbahan karet untuk menarik tinta keluar. Atau cobalah rendam pulpen didalam alkohol selama kurang lebiih 5 menit supaya tinta bisa keluar.
  • Jaga pulpen sebaik mungkin, kadang kita melupakan tempat kita menaruh pulpen atau meminjamkan teman. Pastikan kalian menjaga pulpen sebaik mungkin sehingga akan awet dipakai.

Itulah tadi beberapa info tentang pulpen. Apabila Mercholic ada niat untuk membeli pulpen yang berkualitas, Mercholic tidak perlu kebingungan mencarinnya dimana. Merchandiso.com mempunyai berbagai macam jenis pulpen dengan desain yang menarik. Mercholic semua bisa memilih pulpen yang paling cocok dengan kebutuhan kalian di Merchandiso.com. Segera kunjungi website Merchandiso.com untuk tau pulpen mana yang akan cocok untuk Mercholic ya!

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Hubungi kami