Apa ada pertanyaan? Hubungi kami segera
Free Shipping on orders over US$39.99 How to make these links

Mengapa Notebook Itu Penting

Mengapa Notebook Itu Penting

Notebook yang akan kita bahas pada artikel ini bukan notebook jenis laptop ya, Mercholic. Melainkan buku catatan yang digunakan untuk menulis sesuatu yang kita inginkan. Notebook merupakan tumpukan kertas kosong yang disusun dan digabungkan sehingga membentuk sebuah buku yang dapat kita gunakan untuk menulis. Notebook juga merupakan barang yang masih populer dipasaran. Dikarenakan siswa sekolah, mahasiswa, pekerja, dan lainnya masih menggunakan notebook dalam menjalankan kesehariannya. Meskipun sudah banyak perangkat elektronik canggih yang dapat menggantikannya, notebook masih menjadi produk yang belum dapat digantikan. Nah, kira-kira mengapa notebook itu penting?

Kenapa notebook itu penting

Memudahkan mengingat informasi

Bagi Mercholic yang mudah lupa atau sekadar gemar menulis, notebook dapat menjadi media yang tepat untuk menuliskan hal-hal yang kalian perlu ingat. Dengan menulis, kalian akan memunculkan koordinasi tangan dan otak sehingga akan lebih mudah untuk mencoba mengingat apa yang sudah kalian tulis.

Mengurangi distraksi

Dengan mencatat pada notebook, kalian tidak akan mudah terganggu dengan hal lain. Misalnya pada sebuah meeting, kalian perlu mencatat beberapa poin penting. Apabila kalian membuka handphone untuk mencatat, kita dapat terdistraksi dengan notif pesan yang masuk. Sehingga kalian akan fokus pada notif itu, dan melalaikan tugas kalian. Jika menggunakan notebook, tentu kalian akan fokus pada apa yang perlu dicatat dan meeting itu sendiri.

Dapat menjadi tempat yang memorable

Tidak hanya tempat wisata, notebook juga dapat menjadi tempat yang berkesan buat kalian, lho. Bayangkan jika kalian sudah menulis disebuah notebook sejak kecil hingga dewasa. Tentu akan banyak sekali kenangan yang sudah kalian tulis didalam notebook tersebut. Akan banyak kenangan yang terdapat didalam notebook tersebut, mulai dari curhatan, tips, atau hal-hal kecil yang membuat kalian mengingat dan mengenang masa pada saat itu. Dengan notebook, kalian akan sadar betapa banyak hal yang sudah kalian lalui untuk mencapai kalian dimasa ini.

Tidak memerlukan listrik

Notebook tidak seperti laptop atau handphone yang bisa tiba-tiba mati karena baterai habis. Bayangkan apabila kalian sedang mencatat hal penting, namun mendadak perangkat yang kalian gunakan mati. Bisa-bisa catatan yang kalian catat hilang dan tidak tersimpan didalam perangkat tersebut. Oleh karena itu, notebook dapat menjadi solusi yang tepat untuk menulis sehingga tidak kehilangan sebuah catatan penting.

Praktis untuk dibawa

Sekarang sudah banyak jenis notebook yang dapat dibedakan berdasarkan jenis, ukuran, dan juga warna. Ukuran notebook kecil yang sudah banyak dipasarkan saat ini, bisa memudahkan kalian untuk membawanya kemana pun kita pergi.

Namun kalian juga tidak bisa menggunakan notebook dengan sembarangan, Mercholic. Ada banyak orang yang membeli notebook hanya karena modelnya yang menarik, tapi melupakan fungsi utama notebook tersebut. Sehingga kertas dalam notebook tidak digunakan dan menjadi sia-sia. Agar Mercholic tidak menjadi salah satu dari orang yang tidak ramah lingkungan karena membuang-buang kertas yang diproduksi dari pohon, Mercholic perlu tau bagaimana cara memilih notebook yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

Tips memilih notebook penting

Pilih ukuran notebook sesuai kebutuhan

Saat memilih ukuran notebook, kalian perlu memikirkan kepraktisan saat membawa buku itu untuk kebutuhan kalian. Ukuran notebook perlu disesuaikan dengan ukuran tempat penyimpanan. Jangan sampai kesulitan untuk menyimpan notebook ditempatnya hanya karena ukuran tempat penyimpanan tersebut terlalu kecil. Berikut beberapa ukuran notebook yang populer dikalangan penggunanya :

  • Ukuran B5. Ukuran kertas B5 ini sedikit lebih kecil daripada A4. Ukuran B5 biasanya lebih sering digunakan oleh anak-anak sekolah sebagai buku catatan pelajaran.
  • Ukuran A4. Notebook berukuran A4 biasa digunakan sebagai ukuran yang sesuai dengan standar formal. Ukuran A4 identik dengan ukuran kertas print atau fotokopian.  Ukuran A4 ini dapat menjadi pilihan yang tepat apabila Mercholic membutuhkan ukuran dengan standar internasional
  • Ukuran A5. Ukuran A5 merupakan separuh dari ukuran A4. Notebook yang berukuran A5 cocok untuk ditaruh ditas-tas kecil. Ukuran A5 biasa digunkaan oleh pekerja kantoran untuk mencatat hal penting.

Pastikan ukuran garis sesuai dengan karakter tulisan

Walaupun ada jenis notebook dengan kertas polos, sebagian besar notebook memiliki garis pada kertas untuk memudahkan kalian dalam menulis sesuatu. Garis ini berfungsi untuk merapikan tulisan kalian supaya tidak miring dan berantakan. Ukuran garis ini pun juga bermacam-macam, contohnya :

  • Ukuran 8 mm. Ukuran garis 8 mm memiliki jarak antarbaris yang besar. Ukuran ini cocok untuk menulis dengan huruf yang berukuran besar. Namun, hanya karena jarak antarbaris garisnya besar, kalian jadi tidak bisa menggunakannya unutk menulis dengan tulisan yang kecil, ya. Mercholic dapat memanfaatkan sisa spasi yang ada untuk catatan tambahan atau sekadar tips.
  • Ukuran 7 mm. Kebanyakan notebook memiliki ukuran garis 7 mm. Banyak orang yang menyebut bahwa ukuran 7 mm ini adalah garis normal mendatar. Garis 7 mm cukup lebar sehingga memudahkan kita untuk menulis di tiap baris
    .
  • Ukuran 6 mm. Ukuran garis ini bisa memuat lebih banyak huruf daripada ukuran garis 7 mm. Ukuran garis 6 mm disebut juga sebagai garis sedang mendatar. Untuk Mercholic yang tulisannya tidak terlalu besar, ukuran ini dapat menjadi pilihan yang tepat.
  • Ukuran 5 mm. Jika Mercholic menyukai tipe tulisan yang jarak antarbaris nya tidak terlalu lebar, ukuran ini pasti akan menjadi pilihan yang tepat. Umumnya, ukuran garis 5 mm ini digunakan untuk membuat tabel atau grafik. Ukuran garis 5 mm ini akan kurang cocok untuk Mercholic yang tipe tulisannya cenderung besar

Pilih tipe garis yang sesuai dengan tujuan penulisan

Garis yang terdapat pada notebook memiliki 3 jenis, yaitu garis lurus, garis dengan titik-titik yang teratur, dan juga garis not musik. Garis yang paling banyak digunakan unruk menulis adalah garis lurus. Sedangkan garis dengan titik-titik biasa digunakan untuk menggambar grafik atau bentuk lainnya. Adapun garis not musik yang biasa digunakan untuk anak-anak yang masih belajar menulis.

Perhatikan tipe binding

Binding merupakan bentuk jilid yang terdapat pada notebook. Ada notebook yang tipenya ditempel (note binding) dan ada juga yang menggunakan ring plastik atau ring besi (ring binding). Kedua tipe ini tidak bisa isi ulang kertas. Adapun tipe binding yang bisa diisi ulang adalah tipe loose-leaf binding.

Pertimbangkan warna yang sesuai

Warna juga dapat menjadi salah satu poin penting dalam memilih notebook lho. Notebook yang menarik bisa menambah motivasi kalian untuk menulis. Tapi, sesuaikan warna atau motif yang kamu pilih dengan waktu penggunaannya. Misalnya, kalian akan menjalani meeting dengan penjabat resmi, lalu notebook yang kalian gunakan saat itu adalah motif kartun warna-warni seperti anak anak. Tentunya hal ini akan membuat kalian terlihat kurang elegan.

Mercholic tidak perlu khawatir apabila Mercholic ingin mencari notebook dengan banyak pilihan. Sekarang sudah banyak toko offline dan online yang menyediakan berbagai macam pilihan notebook. Salah satu toko yang terpercaya dengan kualitas terbaik adalah Merchandiso.com. Yuk, cepat cari notebook di Merchandiso.com supaya kalian menemukan notebook yang cocok untuk Mercholic sendiri.